Tim Pengabdian Masyarakat Filkom adakan Pelatihan Pengelolaan Mesin Virtual dan Kontainer bagi Mahasiswa UB

Tim Pengabdian Masyarakat Filkom adakan Pelatihan Pengelolaan Mesin Virtual dan Kontainer bagi Mahasiswa UB

Malang, 9 November 2023 – Tim Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), bekerjasama dengan Laboratorium Jaringan Berbasis Informasi (JBI) telah menyelenggarakan sebuah program pelatihan yang bertajuk “Pelatihan Pengelolaan Mesin Virtual dan Kontainer”. Kegiatan ini dirancang khusus untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam komputasi awan, topik yang semakin relevan di era digital saat ini.

Ketua pelaksana PENGMAS, Reza Andria Siregar, ST., M.Kom., menyampaikan pelatihan ditujukan bagi mahasiswa untuk memberikan mereka pemahaman mendalam mengenai manajemen mesin virtual dan teknologi kontainer. Tidak hanya diberi pengenalan teoritis, tetapi juga diberi tugas praktis, dengan pendekatan praktik langsung maka memungkinkan para peserta untuk belajar dengan melakukan pengelolaan langsung pada lingkungan komputasi awan. Dengan pendekatan yang mengedepankan praktek, mahasiswa dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin tergantung pada teknologi selain pemahaman teoritis yang mereka dapatkan dikelas selama perkuliahan.

Dengan beranggotakan, (1) Kasyful Amron, ST., M.Sc., (2) Ir. Primantara Hari Trisnawan, M.Sc., dan (3) Nur Hazbiy Shaffan, S.T., M.T., dan berkolaborasi dengan Laboratorim Jaringan Berbasis Informasi (JBI), pelatihan bertempat di Laboratorium Pembelajaran FILKOM UB, pada Sabtu, 9 September 2023 berjalan dengan baik.

Pelatihan selama sehari ini dilaksanakan secara luring dan diikuti oleh tiga puluh dua peserta. Antusiasme, kesan dan apresiasi yang baik dari peserta dapat dilihat dari hasil respon kuisioner terhadap pelatihan. Dengan adanya Pelatihan “Pengelolaan Mesin Virtual dan Kontainer” oleh Tim Pengabdian diharapkan dapat menjadi salah satu langkah penting dalam upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang teknologi informasi. Inisiatif semacam ini bukan hanya memberikan pengetahuan praktis, tetapi juga memberi mahasiswa pengalaman berharga dalam menerapkan teknologi terkini yang dapat mendukung kemajuan mereka di masa depan. (rr/ra)