Program 3in1 Visiting Professor Hadirkan Dr. Shankar Karuppayah untuk Menguatkan Pembelajaran Jaringan Komputer di FILKOM UB

Program 3in1 Visiting Professor Hadirkan Dr. Shankar Karuppayah untuk Menguatkan Pembelajaran Jaringan Komputer di FILKOM UB

Malang, 6 November 2023 – Program Studi S1 Teknik Informatika di Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya (UB) terus menghadirkan inovasi dalam pendidikan dengan menggelar Program 3in1 Visiting Professor. Kegiatan tersebut mengundang Dr. Shankar Karuppayah, seorang ahli jaringan komputer yang berafiliasi dengan National Advanced IPv6 Center of Excellence Malaysia di Universiti Sains Malaysia (USM). Acara berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 3 hingga 5 November 2023, dan menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa FILKOM UB.

Dr. Shankar Karuppayah adalah seorang pakar di bidang jaringan komputer dan memiliki reputasi internasional yang kuat. Ia telah berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan teknologi jaringan terutama dalam mengelola Internet Protocol versi 6 (IPv6), Software Defined Network (SDN), dan bidang penting lainnya. Keahliannya diakui oleh komunitas akademik dan industri, dan FILKOM UB sangat bangga dapat menghadirkannya sebagai Visiting Professor.

Selama tiga hari berlangsungnya kegiatan ini, Dr. Shankar Karuppayah memberikan kuliah tamu yang mencakup tiga topik utama. Topik pertama membahas tentang Routing the Internet. Dalam pembahasan topik ini disampaikan metode-metode routing internal dan external. Topik kedua membahas tentang teknologi Software Defined Network dan pengembangannya. Pertemuan ditutup dengan materi cybersecurity dan pengenalan teknologi yang mendukung keamanan siber yang terbaru.

Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, MT., Ph.D, menyambut baik program ini dan mengungkapkan pentingnya kolaborasi dengan ahli internasional dalam pengembangan pendidikan. “Kami sangat berterima kasih kepada Dr. Shankar Karuppayah yang telah berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa kami tentang jaringan komputer dan teknologi terkini. Kami berkomitmen untuk terus memperluas kerja sama semacam ini untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan,” kata Prof. Wayan Firdaus.

Program 3in1 Visiting Professor merupakan salah satu program kerja FILKOM UB untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang isu-isu penting dalam perkembangan keilmuan teknik informatika. Kegiatan semacam ini membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk tantangan dunia nyata di masa depan dan menjadi profesional yang kompeten di bidang jaringan komputer. (rr/dp)