Workshop Pengenalan Sistem Berbasis Kecerdasan Buatan Untuk Peningkatan Hardskill Guru SMK Telkom, Malang

Workshop Pengenalan Sistem Berbasis Kecerdasan Buatan Untuk Peningkatan Hardskill Guru SMK Telkom, Malang

Malang, 2 November 2023 – Kehadiran teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) AI merupakan sebuah  terobosan di bidang teknologi pendidikan untuk memudahkan pembelajaran. Penggunaan teknologi dengan bijak dan terkendali dapat memicu akselerasi pendidikan. Kemunculan AI buatan juga dapat menanamkan sifat mandiri dalam diri pelajar. Guru tidak dibebani peran yang begitu dominan, namun, tugasnya menjadi spesifik dalam lingkup memberikan pencerahan  dengan  kata kunci yang substansial. Pangkal dari setiap pemanfaatan teknologi bagi guru adalah tetap mengedepankan esensi dari mengajar  yaitu menata moral dan perilaku dari pelajar. Adapun bagi pelajar, adanya teknologi pendidikan dapat membantu mereka dalam mengontrol dan memantau pembelajaran mereka sendiri, memungkinkan mereka untuk hidup dan bekerja dengan baik di masa depan.

Pada tanggal 2 Oktober 2023 bertempat di SMK Telkom, Laboratorium Robotika dan Embedded System FILKOM UB menyelenggarakan pengabdian berupa kegiatan pelatihan pengenalan dan penerapan teknologi AI. Selaku ketua tim pelaksana pengabdian, Barlian Henryranu Prasetio, S.T. ,M.T., Ph.D., menyampaikan, tujuan kegiatan ini dalam rangka peningkatan kompetensi guru SMK Telkom Malang, Tujuan lainnya juga untuk mengembangkan pembelajaran AI di SMK Telkom Malang, sehingga lulusannya dapat berkontribusi di era industri 4.0 terutama dalam bidang AI.

Bersama dengan anggota dari tim pengabdian masyarakat FILKOM UB : (1) Prof. Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, ST., MT., (2) Edita Rosana Widasari, S.T., M.T., Ph.D., dan (3) Ir. Hurriyatul Fitriyah, ST., M.Sc. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah presentasi dan diskusi terkait penjelasan terkait pengenalan AI. Diharapkan guru SMK Telkom Malang dapat memahami konsep dasar AI, mampu menerapkan teknologi AI, mampu mengimplementasikan algoritma AI yang diterapkan misalnya bidang biomedis dengan mengintegrasikan hardware dan software, kemudian hasil penerapan teknokogi AI berupa produk tersebut akan diberikan ke pihak sekolah sebagai penerapan teknologi tepat guna kepada masyarat, ataupun secara khusus untuk SMK Telkom Malang. (rr)