FILKOM UB Lakukan Pemasangan CCTV Untuk Meningkatkan Keamanan di Merjosari, Kota Malang

FILKOM UB Lakukan Pemasangan CCTV Untuk Meningkatkan Keamanan di Merjosari, Kota Malang

Malang, 31 Oktober 2023 – FILKOM UB pada 13 September 2023, melakukan pengabdian masyarakat dengan melakukan pemasangan sistem keamanan berbasis Closed-Circuit Television (CCTV) di perumahan RW 08, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru.

Selaku ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat, Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom., berharap CCTV ini dapat meningkatkan keamanan dan mencegah tindakan criminal. Dikarenakan kondisi geografis perumahan, seperti banyaknya pintu masuk dan kedekatannya dengan pusat keramaian, membuat pemanfaatan jasa pengamanan konvensional kurang efektif. Lebih lanjut, Heru menyampaikan Kamera-kamera ini dipasang di lokasi strategis, termasuk pintu masuk dan pertigaan utama. Sistem ini dirancang untuk terhubung dengan internet, memudahkan pemantauan dari jarak jauh.

Bersama dengan anggota tim pengabdian kepada Masyarakat FILKOM UB : Dosen, (1) Hariz Farisi, S.Kom., (2) Welly Purnomo, S.T., M.Kom.,M.T., dan mahasiswa (3) Resnu Wahyu Adaby dan (4) Iqbal Aulia. Melakukan instalasi dengan spesifikasi sistem keamanan yang meliputi empat kamera CCTV dan satu unit Digital Video Recorder (DVR). Rekaman video disimpan di Balai RW dan dapat diakses hingga dua minggu setelah kejadian. Pada 13 September 2023, sistem resmi diserahkan kepada perwakilan warga, termasuk Ketua RW 08 dan satuan pengamanan. Pelatihan juga diberikan kepada Ketua RW dan satpam tentang pengoperasian dan akses rekaman CCTV.

Ketua RW 08, Kelurahan Merjosari, Rusdi mengucapkan terima kasih kepada tim FILKOM atas bantuan ini dan berjanji akan memaksimalkan penggunaan fasilitas keamanan tersebut demi kenyamanan warga. (rr/hw)