SMARTWHEEL: Kursi Roda Pintar Garapan Mahasiswa UB Siap Menghadapi Kompetisi PKP2 PKM Se-Indonesia

SMARTWHEEL: Kursi Roda Pintar Garapan Mahasiswa UB Siap Menghadapi Kompetisi PKP2 PKM Se-Indonesia

Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang tergabung dalam Tim EpicWheels merancang kursi roda pintar menggunakan algoritma YOLOv6. Tim yang beranggotakan Yvette Celia Aviani (Tekkom 2020), Rahma Nur Fitriyani (Tekkom 2020), Atik Qomariyah, Dendy Satria Abadi, dan Erlinda Butarbutar (Tekkom 2022) dibawah bimbingan Prof. Dr. Eng. Fitri Utaminingrum S.T. M.T., mengusung konsep kursi roda berbasis deep learning YOLOv6 yang dapat dikendalikan dengan gerakan kepala.

Tim EpicWheels merupakan salah satu tim yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam ajang perlombaan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM). Konsep deep learning YOLOv6 digunakan untuk mendeteksi objek dalam gambar atau video dengan cepat dan akurasi yang tinggi. SMARTWHEEL akan bergerak sesuai dengan arah gerakan kepala yang dilakukan oleh pengguna.

“Kami berharap SMARTWHEEL dapat membantu meningkatkan kualitas hidup penyandang disabilitas. Dengan teknologi yang kami integrasikan dalam kursi roda ini, kami berharap pengguna dapat merasa lebih mandiri dan memiliki akses yang lebih mudah ke berbagai tempat.” Terang Prof. Fitri.

Kursi roda ini dikerjakan selama kurang lebih 5 bulan dan melibatkan dari berbagai keilmuan seperti teknik komputer, kesehatan, dan elektrikal. Yvette sebagai ketua tim menjelaskan bahwa kursi roda ini masih dalam tahap pengembangan guna menciptakan kursi roda yang lebih aman dan nyaman digunakan.

Kompetisi PKP2 PKM se-Indonesia adalah ajang bergengsi yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. SMARTWHEEL memiliki potensi besar untuk menjadi inovasi terbaik dalam kompetisi ini dan memberikan dampak positif dalam masyarakat. Semoga SMARTWHEEL buatan mahasiswa FILKOM UB dapat memberikan solusi yang inovatif untuk meningkatkan mobilitas dan kualitas hidup penyandang disabilitas, serta menginspirasi generasi muda untuk terus berinovasi demi kebaikan bersama.[drn]