Kemendikbudristek Kunjungi FILKOM UB Dalam Pelaksanaan GEMASTIK Di Hari Kedua

Kemendikbudristek Kunjungi FILKOM UB Dalam Pelaksanaan GEMASTIK Di Hari Kedua

Hari kedua GEMASTIK XVI (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada Kamis (14/9/2023) menjadi momen yang sangat berkesan bagi FILKOM UB, karena perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkunjung ke beberapa lokasi kegiatan final yang tersebar di beberapa ruangan di gedung FILKOM. Staf Ahli Bidang Manajemen & Talenta Kemendikbudristek, Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D. yang menjadi perwakilan untuk mengunjungi FILKOM UB

Beliau melihat langsung proses pelaksanaan penjurian dan melihat interaksi antara mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Dalam kunjungan ini beliau disambut Ketua Panitia GEMASTIK XVI, Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom. yang juga selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa FILKOM UB.

GEMASTIK merupakan ajang tahunan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai wadah untuk mengukur dan mempromosikan prestasi serta inovasi dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi di tingkat mahasiswa. Acara ini juga menjadi sarana untuk menjalin kerja sama antara perguruan tinggi di seluruh Indonesia dalam mengembangkan teknologi dan pengetahuan di bidang ini.

Suasana penjurian di salah satu DIvisi yang dilaksanakan di gedung utama FILKOM.
Suasana penjurian di salah satu DIvisi yang dilaksanakan di gedung utama FILKOM.

Hari kedua GEMASTIK tahun ini menampilkan sejumlah kegiatan, seperti presentasi proyek-proyek inovatif yang dibuat oleh mahasiswa dari berbagai Divisi, serta sesi sharing dengan para dewan juri yang memang ahli di bidang teknologi. Namun, yang paling mencuri perhatian adalah kunjungan perwakilan Kemendikbudristek ke FILKOM UB.

Dalam kunjungan, perwakilan Kemendikbudristek ini diajak untuk mengunjungi laboratorium-laboratorium FILKOM UB digunakan sebagai lokasi lomba serta beberapa kelas yang ada di gedung utama FILKOM. Perwakilan tersebut juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan mahasiswa dari berbagai universitas yang mengikuti GEMASTIK tahun ini.

Dalam penyampaiannya, Arif Rahman selaku perwakilan tuan rumah menyambut atas kunjungan perwakilan Kemendikbudristek ke FILKOM UB. Beliau menjelaskan bahwa kunjungan ini juga sekaligus menunjukkan kesiapan FILKOM sebagai tuan rumah GEMASTIK untuk yang kedua kalinya.

Muh. Arif Rahman (kiri) menyambut perwakilan Kemendikbudristek yang hadir mengunjungi FILKOM, salah satunya Tatang Muttaqin (kanan).
Muh. Arif Rahman (kiri) menyambut perwakilan Kemendikbudristek yang hadir mengunjungi FILKOM, salah satunya Tatang Muttaqin (kanan).

“Alhamdulillah FILKOM mendapatkan kunjungan secara langsung oleh Kemendikbudristek, artinya Kementerian mengapresiasi pelaksanaan GEMASTIK yang tahun kedua ini diselenggarakan di Universitas Brawijaya,” terang Arif.

Kunjungan ini juga merupakan kesempatan bagi perwakilan Kemendikbudristek untuk melihat secara langsung potensi mahasiswa dalam menghasilkan solusi-solusi teknologi yang berdampak positif bagi masyarakat. Mereka sangat terkesan dengan semangat dan kreativitas mahasiswa yang terlibat dalam GEMASTIK. Kunjungan perwakilan Kemendikbudristek ke FILKOM UB dalam pelaksanaan GEMASTIK hari kedua ini merupakan langkah positif dalam kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi, dan mahasiswa dalam mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.[dr]