Peresmian Game Corner FILKOM UB. Mahasiswa Semakin Dibuat Betah Di Kampus

Peresmian Game Corner FILKOM UB. Mahasiswa Semakin Dibuat Betah Di Kampus

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya (UB) kini memiliki ruang baru yang menjadi daya tarik bagi para mahasiswanya. Rabu (6/9/2023), FILKOM UB secara resmi telah meresmikan “Game Corner”, sebuah ruang khusus yang diperuntukkan bagi mahasiswa untuk menghabiskan waktu luang mereka antar kuliah. Game Corner ini merupakan bentuk Kerjasama FILKOM UB dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Letak dari ruang Game Corner ini berada di Gedung F lantai 1 di depan Loket Pelayanan Akademik.

Game Corner FILKOM tidak hanya menjadi tempat santai bagi para mahasiswa, tetapi juga menjadi wadah bagi mereka untuk mengasah kemampuan bermain game dan menciptakan inovasi bagi mahasiswa yang akan menciptakan dan mengembangkan game. Ruangan ini dilengkapi dengan 2 unit Play Station 5; 2 unit XBOX, dan 1 unit PC gaming Asus ROG dengan spesifikasi tinggi yang siap memanjakan para mahasiswa.

Peresmian ini dihadiri Dekan FILKOM beserta jajaran Pimpinan Dekanat dan Fakultas, Perwakilan dari Bank BRI serta beberapa mahasiswa FILKOM yang memang tampak antusias ingin mencoba memainkan konsol game yang ada di Game Corner. Dalam sambutannya, Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. menyampaikan bahwa inisiatif ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa yang sering kali mencari kegiatan di luar kuliah ketika menggu jam perkuliahan.

Penandatanganan peresmian Game Corner FILKOM oleh Dekan bersama perawikal BRI (kiri).
Penandatanganan peresmian Game Corner FILKOM oleh Dekan bersama perawikal BRI (kiri).

“Kami memahami bahwa mahasiswa saat ini membutuhkan ruang rekreasi yang bisa memfasilitasi hobi mereka, sekaligus menjadi tempat mereka bersosialisasi dengan teman-teman sefakultas,” terang Prof. Wayan.

Selain itu, dengan adanya Game Corner, FILKOM UB juga berharap dapat mendorong terciptanya pengembang-pengembang game di kalangan mahasiswa, karena di FILKOM sendiri juga memiliki Laboratorium yang menunjang pengembangan game, yaitu Lab MGM (Mobile, Game dan Multimedia). Mahasiswa yang memiliki bakat game juga dapat mengaasah kemampuannya disini untuk diikutkan dalam kompetisi game.

Beberapa mahasiswa yang langsung mencoba konsol game di Game Corner FILKOM.
Beberapa mahasiswa yang langsung mencoba konsol game di Game Corner FILKOM.

Tentu saja, walaupun bernama Game Corner, ada aturan main yang harus ditaati oleh para pengunjung. Untuk memastikan bahwa kegiatan akademik tetap menjadi prioritas, ruangan ini hanya akan dibuka di luar jam kuliah dan nantinya aka nada SOP untuk ijin pemakaian konsol game.

Diharapkan dengan keberadaan Game Corner ini, semangat kebersamaan dan kreativitas di antara mahasiswa FILKOM UB dapat terus berkembang. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan generasi muda, inisiatif-inisiatif seperti ini tentunya akan sangat diapresiasi oleh para mahasiswa.[drn]