Departemen Sistem Informasi FILKOM UB Gelar Sosialisasi Penguatan Pemahaman Layanan Administrasi Akademik di Kampus

Departemen Sistem Informasi FILKOM UB Gelar Sosialisasi Penguatan Pemahaman Layanan Administrasi Akademik di Kampus

  

Jumat (25/8/2023) Departemen Sistem Informasi (DSI) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengadakan acara sosialisasi bertema Penguatan Pemahaman Layanan Administrasi Akademik untuk Mahasiswa. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada mahasiswa mengenai layanan administrasi akademik yang tersedia di lingkup fakultas.

Dalam acara yang diadakan secara daring ini, peserta yang hadir sekitar 340 mahasiswa dari berbagai angkatan di DSI hadir untuk mendapatkan informasi terbaru seputar layanan administrasi akademik. Acara ini merupakan bagian dari upaya DSI untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa serta memastikan bahwa mereka memiliki akses yang lebih mudah dan pemahaman yang kuat terkait proses administrasi akademik.

Ir. Issa Arwani, ST., MT. Ketua Departemen Sistem Informasi FILKOM UB, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pemahaman yang baik mengenai prosedur administrasi akademik bagi mahasiswa. Beliau menjelaskan bahwa dengan pemahaman yang kuat, mahasiswa dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi dalam proses administrasi, seperti pengisian formulir, pendaftaran mata kuliah, dan pengecekan jadwal ujian.

Tim Akademik Departemen Sistem Informasi saat memaparkan prosedur administrasi akademik bagi mahasiswa.
Tim Akademik Departemen Sistem Informasi saat memaparkan prosedur administrasi akademik bagi mahasiswa.

“Dalam pelayanan administrasi baik di akademik maupun kemahasiswaan sudah ada pedoman atau manual prosedurnya yang dapat dilihat dan diakses secara online oleh para mahasiswa. Akan tetapi agar lebih meningkatkan pemahaman bagi mahasiswa Departemen Sistem Informasi memfasilitasi dengan memberikan sosialisasi ini,” sambut Issa.

Berbagai topik dibahas dalam kegiatan ini oleh pihak akademik di DSI yang dibawakan oleh Yanuar Widiantono, S.Pd dan Fajar Agung Nugroho, S.Kom, mulai dari cara penggunaan sistem informasi akademik kampus, panduan pengisian formulir berbagai keperluan akademik (Cuti/PKL/Surat Aktif Kuliah/dst), bagaimana mengakses transkrip akademik secara online dan secara gari besar menjelaskan di layanan PROAKSI. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada tim akademik dari Departemen Sistem Informasi FILKOM UB untuk mengklarifikasi segala ketidaktauan terkait layanan administrasi akademik.

Selain itu dari bagian kemahasiswaan disampaikan oleh Hermawan Dwi Putra, SH., MH selaku Subkoordinator Subbagian Akademik & Kemahasiswaan yang menyampaikan dan menjelaskan terperinci mengenai PORSKI. Dalam paparan ini mahasiswa banyak ingin tahu dan aktif mengenai informasi SKM (Satuan Kegiatan Mahasiswa) yang dapat digunakan saat lulus nantinya dimana SKM berisi nilai kegiatan non-akademis yang sudah diikuti mahasiswa selama berkuliah di FILKOM seperti kegiatan keorganisasian, aktif dalam kompetisi lomba atau kegaitan kepanitiaan di kampus. SKM sendiri akan menjadi nilai tambah portofolio bagi lulusan yang akan melamar bekerja di suatu instansi/perusahaan selain dari ijazah serta transkrip nilai. Selain SKM, Hermawan juga menjelaskan berbagai beasiswa serta beberapa kompetisi nasional maupun internasional yang dapat diraih serta diikuti oleh seluruh mahasiswa FILKOM

Materi mengenai kemahasiswaan yang disampaikan oleh Hermawan Dwi Putra.
Materi mengenai kemahasiswaan yang disampaikan oleh Hermawan Dwi Putra.

Acara sosialisasi ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara mahasiswa dan pihak administrasi kampus. Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai layanan administrasi akademik, diharapkan mahasiswa dapat mengalami pengalaman studi yang lebih lancar dan minim hambatan administratif. Harapan kedepannya kegiatan serupa akan terus diadakan guna memastikan pemahaman dan akses yang optimal bagi seluruh mahasiswa untuk mengetahui berbagai layanan di FILKOM UB.[drn]