Pelepasan Mahasiswa MBKM FILKOM Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024

Pelepasan Mahasiswa MBKM FILKOM Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya melepas 83 mahasiswa yang terpilih dalam mengikuti Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) Semester Ganjil 2023/2024. Acara pelepasan mahasiswa ini dipimpin langsung oleh Dekan bersama seluruh pimpinan Dekanat FILKOM pada hari Kamis (24/8/2023) secara daring melalui Zoom.

Mengawali acara, pengantar disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, S.T., M.T. Fakultas tetap akan memandu para mahasiswanya dalam mengikuti program MBKM. Dari tahun ke tahun, jumlah mahasiswa yang mengikuti program MBKM terus meningkat. Tahun ini berjumlah 83 mahasiswa yang terdiri Magang Industri 52 mahasiswa; Studi Independen 10 mahasiswa; Program Bangkit 16 mahasiswa dan IISMA berjumlah 5 mahasiswa.

“Tahun ini FILKOM cukup berbangga karena selain dari peningkatan jumlah partisipasi mahasiswa dalam program MBKM terdapat 5 mahasiswa FILKOM yang terpilih mengikuti IISMA yaitu pertukaran pelajar/mahasiswa luar negeri,” terang Herman

Data jumlah mahasiswa FILKOM yang lolos mengikuti program MBKM Semester Ganjil 2023/2024.
Data jumlah mahasiswa FILKOM yang lolos mengikuti program MBKM Semester Ganjil 2023/2024.

Herman juga menjelaskan tujuan dari program MBKM adalah untuk mengembangkan pendidikan tinggi yang lebih fleksibel, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Program ini dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Diharapkan, mahasiswa yang lolos pada program MBKM tahun 2023 mendapatkan pengalaman, ilmu serta manfaat yang bisa menunjang kemampuan mahasiswa untuk menghadapi tantangan masa depan dan memiliki daya saing yang lebih baik.

“Pada tahun ini kebijakan baru juga diterapkan di FILKOM dimana setiap kegiatan MBKM dapat dikonversi 20 sks dimana konversi tersebut didasarkan pada program atau kegiatan bukan pada mata kuliah yang belum diambil,” imbuhnya.

Selanjutnya Dekan FILKOM juga menyampaikan sambutannya sebelum melepas secara resmi mahasiswa MBKM FILKOM. Beliau mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang terpilih karena tidak semua mahasiswa dapat mengikuti MBKM apalagi pada program IISMA yang seleksinya cukup ketat. Secara umum program MBKM dari Kementerian ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang didapat selama berkuliah di FILKOM.

Dekan FILKOM, Prof. Wayan saat memberikan sambutan sebelum melepas secara resmi Mahasiswa MBKM FILKOM.
Dekan FILKOM, Prof. Wayan saat memberikan sambutan sebelum melepas secara resmi Mahasiswa MBKM FILKOM.

“MBKM ini merupakan langkah pertama kalian untuk menuju profesionalisme dalam bidang ilmu komputer. Jadi nikmati saja tantangan dan peluang baru yang muncul saat berada di industri atau kampus lain. Pesan saya karena kalian mewakili nama baik fakultas dan universitas harus menjunjung tinggi etika dan sopan santun, selain itu kerja keras saling berkolaborasi dan bekerjasama juga penting saat melakukan kegiatan di luar kampus,” jelas Prof. Wayan.

Prof. Wayan juga menjelaskan bahwa program MBKM yang mahasiswa ikuti akan berdampak positif bagi fakultas untuk pengembangan kurikulum kedepannya serta benjadi pembuka jalan bagi adik tingkat untuk mengikuti program yang sama. Selanjutnya dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, Prof. Wayan resmi melepas 83 mahasiswa MBKM FILKOM.

Partisipan yang hadir dalam acara pelepasan Mahasiswa MBKM FILKOM, selain mahasiswa juga turut hadir para Dosen Pembimbing.
Partisipan yang hadir dalam acara pelepasan Mahasiswa MBKM FILKOM, selain mahasiswa juga turut hadir para Dosen Pembimbing.

Kegiatan berikutnya merupakan pembekalan program MBKM oleh Koordinator MBKM Fakultas, Intan Sartika Eris Magfiroh, S.E., M.BA. yang menjelaskan lebih lengkap mengenai time line pelaksanaan, luaran wajib mahasiswa, dan komponen penilaian selama pelaksanaan MBKM dan dilanjut sesi diskusi dan tanya jawab bagi mahasiswa MBKM FILKOM. Kegiatan pelepasan dan pembekalan ini merupakan wujud kepedulian Fakultas kepada mahasiswanya agar lebih siap dan lebih matang dalam melaksanakan MBKM di luar kampus dengan mengenal budaya baru, suasana baru dan lingkungan yang baru.[drn]