FILKOM UB Sambut Rombongan University Malaysia Sabah Sukseskan International Conference of Asian Students 2023

FILKOM UB Sambut Rombongan University Malaysia Sabah Sukseskan International Conference of Asian Students 2023

 

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) merupakan salah satu fakultas yang menjadi target mahasiswa luar untuk melakukan kunjungan baik dari program pertukaran pelajar maupun kunjungan untuk mengetahui sistem akademi, program studi, serta fasilitas yang ada. Terbaru pada Rabu (31/5/2023) University Malaysia Sabah (UMS) dan Universitas Brawijaya yang diwakili oleh FILKOM menyelenggarakan International Conference of Asian Students 2023 (ICAS) di Auditorium Algoritma. Tercatat sejumlah 5 pendamping dan 22 mahasiswa dari UMS hadir secara langsung dalam kegiatan ini.

Andi Kurniawan, S.Pi., M.Eng. D.Sc menyambut kehadiran rombongan dari University Malaysia Sabah

Turut hadir pula Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H; Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Internasionalisasi, Andi Kurniawan, S.Pi., M.Eng. D.Sc serta jajaran pimpinan UB lainnya beserta pimpinan Dekanat FILKOM. Andi Kurniawan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih pada rombongan UMS yang telah memilih UB sebagai tujuan dalam penyelenggaraan konferensi.

“Kedepannya tidak hanya kegiatan konferensi ini saja, harapannya aka nada pertukaran pelajar dari kedua perguruan tinggi, serta adanya kolaborasi riset dari dosen-dosen yang ada di UMS dan UB. Semoga setiap tahun kegiatan ini rutin berjalan,” terang Andi.

Dr. Abdul Khair Beddu Asis dalam menyampaikan sambutan

Selanjutnya dari perwakilan UMS sambutan disampaiakan Dr. Abdul Khair Beddu Asis. Yang menyampaikan rasa terima kasihnya karena sudah diterima di UB khususnya FILKOM serta berterima kasih atas fasilitas-fasilitas yang telah diberikan mulai dari tiba di Malang. Beliau juga berharap nantinya ada rombongan dari UB atau FILKOM yang berkunjung ke UMS sehingga dapat mengetahui proses pembelajaran perguruan tinggi di Malaysia.

“Tentunya niat baik dari UB untuk bekerjasama dengan UMS akan kami sambut dengan tangan terbuka demi memajukan kedua universitas. Kami juga berharap ada kunjungan dari UB kesana sehinga kami dapat memberikan jamuan yang terbaik,” jelasnya.

Dalam Konfrerensi ini UMS sendiri memberikan materi mengenai The Use Of Technology For Teaching And Learning in 21st Century yang disampaiakan Sitti Fatimah Binti Abd Samat beserta Abdul Khair Beddu Asis. Sementara dari UB diwakili Fitri Oktavianti SS., SE., M.Commun., Ph.D. yang memaparkan Soft Skills, Marketability & Employability For Uni Student serta Muamar Khadafi, S.Kom., M.M. yang menyampaiakan profil dari UB.

Suasana ICAS di Auditorium Algoritma FILKOM

Salah satu mahasiswa UMS, Mohd Khuzairee Ekmal Bin Samsudin dalam wawancaranya dengan tim Humas FILKOM juga menyapaikan kesan pertamanya mengunjungi FILKOM UB.

“Udara di Malang sangat sejuk, apalagi kampusnya khusunya FILKOM, saya mengira ini bukan universitas karena tampak dari luar seperti hotel berbintang. Terima kasih juga untuk teman-teman mahasiswa FILKOM yang dengan baik menyambut kami dan menemani tour selama disini,” terang Khuzairee.

Selama seminggu rombongan UMS akan berada di Malang, selain melaksanakan konferensi nantinya mereka juga akan mengunjungi tempat wisata yang ada di Malang. Semoga dengan kunjungan dan kegiatan konferensi internasional ini membuka jalan kerjasama antara UB beserta UMS dalam berbagai bidang baik untuk mahasiswa dan dosennya.[drn]