Terus Kembangkan Potensi! Bootcamp Delegasi MTQMN FILKOM UB 2023

Terus Kembangkan Potensi! Bootcamp Delegasi MTQMN FILKOM UB 2023

Dalam mempersiapkan mahasiswa delegasi FILKOM UB untuk mengikuti kompetisi MTQUB 2023, Fakultas menyelenggarakan Bootcamp selama hampir dua minggu mulai 13 Mei 2023. Nantinya bagi delegasi yang lolos di MTQUB akan maju mewakili universitas di tingkat nasional yaitu di ajang MTQMN. MTQMN merupakan kompetisi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dengan tujuan membangun mahasiswa intelektual dengan berjiwa Qur’ani dan tahun ini menjadi tahun ke-3 dalam penyelenggaraannya.

Dari 9 kategori lomba yang diseleksi di tingkat universitas, FILKOM UB mengirim delegasi dengan jumlah 12 mahasiswa mengikuti secara individu dan 14 tim yang terdiri dari 2-3 orang mahasiswa. Bayu Rahayudi, ST., MT. selaku ketua pelaksana juga sekaligus pembimbing lomba menyampaikan bahwa bootcamp ini merupakan program intensif dari fakultas untuk membimbing mahasiswa agar lebih siap dalam mengikuti MTQUB.

Bayu Rahayudi saat sosialisasi Bootcamp MTQ FILKOM

“Dengan diadakannya kompetisi MTQMN, FILKOM UB tidak hanya menciptakan lulusan yang ahli dibidang IT saja tapi juga berupaya untuk mencetak mahasiswa dengan generasi islami, beriman dan bertaqwa. Untuk itu semoga dengan diselenggarakannya bootcamp ini dapat memberikan kematangan bagi kontingen FILKOM,” terang Bayu pada saat sosialisasi.

Senada dengan Bayu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa yaitu Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom. turut mendukung penuh kegiatan bootcamp ini. Dengan menyediakan ruangan-ruangan yang akan digunakan para mahasiswa delegasi untuk melaksanakan bimbingan dan mengasah kemampuan. Tercatat untuk tahun ini dosen pembimbing berjumlah 6 orang yaitu pertama Khalid Rahman, S.Pd.I., M.Pd.I. sebagai pembimbing Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ).

Suasana bootcamp yang diikuti delegasi FILKOM

 

Kedua, Rekyan Regasari Mardi Putri., S.T., M.T. sebagai pembimbing Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) dan Musabaqah Tartilil Qur’an (MTrQ). Ketiga, Dr. Dian Eka Ratnawati, S.Si., M.Kom sebagai pembimbing Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ). Keempat, Bayu Rahayudi, ST., MT. sebagai pembimbing Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an (MKTIA). Kelima, Ir. Adam Hendra Brata.,S.Kom., M.T., M.Sc. sebagai pembimbing Desain Aplikasi Al Qur’an (DAQ) dan yang keenam Tibyani, ST, MT. sebagai pembimbing Debat Ilmiah Al Qur’an dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris (DIA).

Semoga dengan dilaksanakannya bootcamp ini dapat membangun kepercayaan diri dan mengasah kemampuan para mahasiswa delegasi FILKOM untuk meraih prestasi pata gelaran MTQUB dan menjadi duta terbaik untuk lolos di MTQMN (Nasional).[drn]