Mahasiswa FILKOM Dapatkan Juara Di Asian English Olympics

Mahasiswa FILKOM Dapatkan Juara Di Asian English Olympics

Asian English Olympic (AEO) merupakan kompetisi Bahasa Inggris tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Nusantara pada tanggal 13 Februari hingga 18 Februari 2023 baik secara online mapupun offline. Pada kompetisi tersebut, Universitas Brawijaya mengirimkan 21 delegasi untuk semua cabang lomba yaitu speech, storytelling, newscasting, short story writing, debate, spelling bee, dan radio drama.

Gabriela Edith Petra Febriandhini dari Prodi Teknologi Informasi Angkatan 2022, dan menjadi satu-satunya perwakilan Fakultas Ilmu Komputer dan berhasil mendapatkan Juara 3 (tiga) di kategori Speech. UB sendiri dalam kompetisi ini berhasil menjuarai 2 kategori, selain Gabriela yaitu Farah Adnina dari Fakultas Ilmu Administrasi yang berhasil mendapatkan Juara 2 (dua) di kategori Spelling Bee.

Gabriela menceritakan bahwa tema yang diusung adalah “Unveil Your Spark” yang berarti merupakan spotlight terhadap eksplorasi potensi diri dan cara mengembangkan potensi tersebut untuk menjadi versi terbaik diri sendiri.

Gabriela Edith (tiga dari kiri) bersama kontingen dari Universitas Brawijaya

“Sebenarnya saya tidak menyangka dapat melanjutkan hingga final, dikarenakan pengalaman sebelumnya dimana saya berhenti di ronde semifinal yang meliput table topics, dimana ronde tersebut merupakan ronde prelim kedua untuk tahun ini, namun begitu saya dipanggil untuk quarter final, saya menegakkan kemauan untuk melakukan yang terbaik terlepas hasil,” terang Gabriela.

Gabriela menjelaskan tahapan awal mengikuti kompetisi tersebut dimana dimulai dari preliminary round 1 (prepared speech), preliminary round 2 (table topics), quarter finals, semifinals hingga final round. Dalam kategori Speech ini diikuti sekitar 38 peserta dengan Juara pertama berhasil didapatkan Mercu Buana University dan Juara 2 dari Tunas Mekar Indonesia Senior Highschool.

Selanjutnya Gabriela juga memberikan sedikit saran kepada mahasiswa FILKOM agar dapat memanfaatkan banyak resource ketika duduk di bangku kuliah dan dipergunakan sebaik mungkin untuk mengejar mimpi dan prestasi untuk masa depan.

Gabriela (kanan) bersama pemenang dalam kategori Speech

Perlu diketahui juga UB juga mendapatkan prestasi lainnya di ajang Asian English Olympic, seperti Finalist Short Story Writing atas nama Jane Amaris Azalia Nareswari, Finalist Radio Drama dengan ketua kelompok atas nama Narima Surya Putri, Semifinalist Spelling Bee atas nama Kayla Latifa, Quarterfinalist Storytelling atas nama Audhinata Bebytama dan Yohanes Melanthon, Semifinalist Newscasting atas nama Marceline Kurnia Desile, serta Octofinalist Debate dengan ketua kelompok atas nama Muhammad Irfan Azhari.

Dengan diraihnya berbagai penghargaan dalam Asian English Olympic 2023, Universitas Brawijaya mampu memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dan berprestasi di kancah internasional.[drn]