Sosialisasi MSIB, Bangkit dan Kampus Mengajar Semester Ganjil 2023/2024

Sosialisasi MSIB, Bangkit dan Kampus Mengajar Semester Ganjil 2023/2024

Jum’at (12/5/2023) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan sosialisasi Program Bangkit, Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan Kampus Mengajar periode semester Ganjil 2023/2024 secara daring kepada seluruh mahasiswa FILKOM yang berminat mengikuti program dari MBKM tersebut. Kegiatan ini dihadir Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT. serta Koordinator MBKM FILKOM, Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A. yang turut menjadi pemateri.

Mengawali acara sambutan disampaikan oleh Herman Tolle. Beliau menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk memberikan gambaran umum kepada para mahasiswa yang akan mengikuti MBKM khusunya di program Magang Bersertifikat, Kampus Mengajar maupun mengikuti program Bangkit. Dengan adanya sosialisasi ini harapannya pengenalan program-program MBKM dapat secara massif dikenalkan kepada para mahasiswa.

“MBKM adalah program strategis dari kementerian. Luaran atau output dari program ini adalah mempersiapkan generasi emas yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi. Harapannya banyak mahasiswa FILKOM yang turut berpartisipasi di program-program MBKM,” tuturnya.

Herman Tolle dalam menyampaikan sambutan

Selanjutnya materi mengenai MSIB, Bangkit dan Kampus Mengajar disampaikan oleh Intan Sartika. Intan menjelaskan Magang Bersertifikat bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama waktu yang ditentukan.

“MSIB bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan,” terang Intan.

Intan juga memaparkan teknis pendaftaran, persyaratan hingga benefit yang diperoleh dari program MSIB. Kemuadian untuk program Bangkit, yaitu  salah satu dan bagian dari kegiatan MBKM yang disiapkan oleh Kemendikbud Ristek dan bekerja sama dengan perusahaan berbasis IT terkemuka yaitu Google, Goto, dan Traveloka. Intan juga menjelaskan Bangkit Academy dengan skema dari Kemdikbudristek, dimana ada 3 pembelajaran utama yaitu Android (Mobile Development), Cloud Computing dan Machine Learning. Nantinya para mahasiswa yang mengikuti Bangkit Academy ini akan berkesempatan mengikuti sertifikasi internasional.

Para partisipan yang mengikuti kegiatan sosialisasi

Kemudian untuk Kampus Mengajar merupakan salah satu program MBKM yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa guna melatih kemampuan menyelesaikan permasalahan yang kompleks dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan sesi tanya jawab bagi mahasiswa dan dijawab langsung oleh Unit MBKM FILKOM sehingga pemahaman mengenai program-program tersebut dapat tersampaikan secara jelas.[drn]