Sosialisasi GEMASTIK XVI 2023

Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan (Puspresnas) kembali menyelenggarakan kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) tahun 2023. Pada tahun ini, Universitas kembali ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara setelah sukses menyelenggarakan tahun lalu di Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM). UB bersama Puspresnas menyelenggarakan sosialisasi Gemastik XVI pada Selasa (9/5/2023) melalui Zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Universitas Brawijaya melalui Studio Multimedia FILKOM.

Gemastik XVI digelar dengan tema “TIK untuk Pembangunan Indonesia Maju dan Berkelanjutan”. Dalam pembukaan sambutan disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa UB, Dr. Setiawan Noerdajasakti, SH., MH. menyatakan bahwa sosialisasi ini diadakan agar para mahasiswa di seluruh universitas yang ada di Indonesia dapat mengetahui aturan, divisi lomba dan informasi penting lainnya mengenai penyelenggaraan Gemastik XVI yang akan dilaksanakan di UB.

“Salah satu tujuan Gemastik adalah mengakomodasi mahasiswa sebagai agent of change (agen perubahan) melalui penerapan teknologi informasi. Tidak hanya sebagai karya mahasiswa saja, namun sebagai bentuk nyata kontribusi mahasiswa dalam membantu menyelesaikan permasalahan di berbagai aspek kehidupan sesuai dengan cabang lomba yang ada,” sambutnya.

Dr. Ir. Heroe Wijayanto, M.T. selaku Koordinator Dewan Juri Gemastik XVI menjadi pemateri pada kegiatan sosialisasi kali ini. Beliau yang merupakan salah satu dosen di Telkom University menjelaskan bahwa sistem lomba sama seperti tahun lalu dimana ada 11 cabang/divisi dalam babak penyisihannya akan diselenggarakan secara daring (online) kemudian pada babak final di UB akan diselenggarakan secara luring (offline) dan wajib dihadiri oleh seluruh peserta.

“Finalis Gemastik XVI nantinya akan berjumlah 20 tim dalam setiap divisinya, dan tentunya harus hadir di UB. Perlu menjadi catatan juga untuk para peserta bahwa panitia tidak menyediakan akomodasi, transportasi, dan konsumsi bagi para finalis dan pembimbing selama pelaksanaan lomba,” jelas Heroe.

Gemastik memiliki 11 kategori yang akan dilombakan yaitu Programming, Cyber Security, Data Mining, UX Design, Animation, Smart City, ICT Scientific Paper, Software Development, Smart Device Embedded System & IoT, Game Development dan terakhir ICT Business Development. Untuk pendaftaran akan dibuka pada 12 Mei dan ditutup 10 Juli 2023 melalui https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id. Sedangkan untuk Pengumuman finalis akan disampaikan pada 2 Agustus 2023 dengan babak final/puncak acara pada 12-16 September 2023.

Bagi para mahasiswa yang ingin melihat Sosialisasi Gemastik XVI secara lebih lengkap dan mengetahui informasi masing-masing Divisi lomba dapat melihat pada tautan berikut (view).[drn]