Sambut Ramadhan 1444 H, FILKOM UB Gelar Tarhib Ramadhan

Sambut Ramadhan 1444 H, FILKOM UB Gelar Tarhib Ramadhan

Menyambut bulan Ramadhan tahun ini, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar kegiatan Tarhib Ramadhan 2023 pada Selasa (21/3/2023) secara luring di Auditorium Algoritma. Kegiatan kali ini mengundang Ustadz Ahmad Shobrun Jamil, S.Si., M.P dari Universitas Muhammadyah Malang dengan materi “Meraih Kesuksesan Ramadhan dengan Ilmu”. Mulai dari Pimpinan Dekanat, Departemen, Dosen, Tenaga Kependidikan, Dharma Wanita dan mahasiswa turut hadir mengikuti kajian dari Ustd. Jamil.

Sambutan disampaikan oleh Dekan, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. bahwa keluarga besar FILKOM UB menyambut dengan suka cita kehadiran bulan Ramadhan. Karena dengan hadirnya Ramadhan kita akan lebih fokus dalam hal beribadah dan mengurangi kegiatan duniawi.

“Setelah melalui banyak kegiatan seperti akreditasi maupun rapat kegiatan serta mengajar, dengan hadirnya Tarhib Ramadhan ini suasana menjadi lebih tenang dan nyaman. Dalam satu bulan kedepan fokus dan perbanyak ibadah serta amal kebaikan, Sekali ilagi selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan untuk seluruh keluarga besar FILKOM UB” sambut Prof. Wayan.

Setelah sambutan dari Dekan, kegiatan langsung diisi dengan kajian dari Ustd. Jamil dengan dipandu Muhammad Aminul Akbar, S.Kom., M.T. sebagai moderator. Ustd. Jamil menyampaikan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan paling mulia dan bulan yang dilebihkan Allah dari bulan-bulan lain disebabkan banyak perkara yang berlaku dalam bulan tersebut seperti adanya malam Lailatul Qadar, bulan turunnya Alqur’an, bulan ampunan dosa dan sebagainya.

“Menyambut bulan suci Ramadhan harus membersihkan pikiran dan pemikirannya sehingga jauh dari perbuatan jahat, jauh dari dengki, jauh dari ketidak jujuran, jauh dari riya, ujub dan jauh dari foya-foya/mubazir selama berpuasa Ramadhan,” terang Ustd. Jamil.

Dari poin ini sangat penting karena semua perbuatan tersebut minimal dapat mengurangi pahala puasa Ramadhan seseorang kita manakala terlanjur atau sengaja melakukannya. Selain banyak keutamaan, seperti dilipatgandakannya pahala, menurut riset puasa dan solat tarawih juga memiliki sisi positif bagi kesehatan. Selain memperbaiki sistem metabolisme tubuh, solat tarawih juga memperbaiki postur tubuh karena gerakan teratur dan berulang-ulang dari raka’at yang dikerjakan

Ustd. Jamil juga menambahkan Secara umum diketahui bahwa aktivitas fisik yang terus menerus pasca mengonsumsi makanan, cenderung akan mengganggu proses pencernaan. Selain itu, hal ini akan menyebabkan tubuh dan syaraf kelelahan. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku sama dengan sholat tarawih. Diketahui bahwa sholat tarawih adalah sholat sunnah yang memiliki rakaat paling banyak.

“Garansi sehat yang akan didapatkan saat berpuasa, itu sangat sederhana yang pertama sehat fisik jika berpuasa penuh satu bulan. Kedua sehat hati bersih dari sifat penyakit hati, dan yang ketiga diberikan asupan terus membaca ayat-ayat suci Al-quran. Andai tiga aspek ini dijalankan terus pada kepribadian seseorang, orang seperti inilah yang dikatakan dekat dengan ketakwaan,” imbuhnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dari dosen & tendik kepada Ustd. Jamil. Semoga dengan hadirnya puasa Ramadhan tahun ini menjadikan keluarga besar FILKOM UB lebih sehat secara jasmani dan rohani, serta mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT. [drn]