Departemen Teknik Informatika adakan Web Security Workshop

Departemen Teknik Informatika adakan Web Security Workshop

 

Departemen Teknik Informatika (DTIF) bersama Laboratorium Jaringan Berbasis Informasi dan Perusahaan Cyberkarta mengadakan workshop/webinar secara luring pada Jum’at (17/03/2023) bertempat di ruang kelas Gedung F FILKOM UB. Workshop ini dihadiri Ir. Primantara Hari Trisnawan, M.Sc. selaku Sekretaris Departemen Teknik Informatika; perwakilan Laboratorium Jaringan Berbasis Informasi Reza Andria Siregar, ST., M.Kom; dan Ismail Hakim selaku Founder at Cyberkarta.

Ismail Hakim sendiri menjelaskan bahwa cyber attack yang dapat diartikan sebagai serangan dalam dunia maya, baik yang ditujukan untuk menyerang ataupun bertahan yang diharapkan terjadi kerusakan pada suatu objek yang dituju. Umumnya cyber attack ini terjadi karena lemahnya antisipasi keamanan sistem yang diterapkan oleh pemilik piranti, baik individu maupun perusahaan. Hal tersebut mempermudah terjadinya hacking. Pada dasarnya sistem keamanan web adalah kegiatan untuk melindungi sebuah website atau disebut juga dengan cyber security.

Ir. Primantara menyampaikan sambutan dalam workshop

“Keamanan web merupakan teknologi yang dirancang untuk melindungi program dan data web dari serangan, kerusakan, dan akses tidak sah yang merugikan. Karena pada website menyimpan informasi dan data pengunjung perorangan maupun informasi dan data perusahaan. Terlebih jika pengunjung telah memberikan data pribadi yang penting, seperti informasi kartu kredit atau nomor jaminan sosial.,” terang Ismail

Ismail juga menjelaskan ada beberapa cara dasar untuk menjaga keamanan web, diantarannya selalu lakukan update dan maintenance, atau melakukan pembaruan dan perawatan website secara berkala. Kedua, gunakan password yang memenuhi 3 syarat, yakni kompleks, panjang, dan unik. Gunakan kombinasi angka, huruf dan simbol yang mengandung minimal 6 – 12 karakter. Ketiga, Membatasi akses login pengguna sesuai perannya masing-masing penting untuk menghindari ancaman kejahatan siber. Keempat, lakukan backup data karena data merupakan aset penting bagi sebuah website.

Ismail Hakim dalam menyampaikan materi

Selanjutnya Ismail menyampaikan bahwa keamanan website juga merupakan salah satu proses yang berkelanjutan dan merupakan bagian penting dari memanajemen situs web. Manfaatnya sendiri dengan adanya security ini yaitu mencegah penyalahgunaan akses maupun pemanfaatan data dalam sistem Teknologi Informasi dari seseorang yang tidak memiliki hak untuk mengakses maupun memanfaatkan data dalam sistem tersebut dan menjaga reputasi dari perusahaan khususnya yang berhubungan dengan pihak pengguna jasa perusahaan tersebut.[drn]