Asesmen Lapangan Oleh Tim Asesor LAM INFOKOM Dalam Rangka Visitasi Akreditasi Prodi Teknologi Informasi

Asesmen Lapangan Oleh Tim Asesor LAM INFOKOM Dalam Rangka Visitasi Akreditasi Prodi Teknologi Informasi

Program Studi Teknologi Informasi FILKOM UB telah melaksanakan asesmen lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika & Komputer (LAM INFOKOM) selama dua hari, Jum’at (10/3/2023) dan Sabtu (11/3/2023). Asesmen lapangan ini diselenggarakan secara luring dengan tim asesor yaitu Dr. Prihandoko, S.Kom, MIT (Universitas Gunadarma Jakarta) dan Dr. Wiharto, S.T., M.Kom (Universitas Sebelas Maret Surakarta). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Rektor UB, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc.

LAM INFOKOM merupakan lembaga mandiri yang dibentuk dan diprakarsai oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM), Association for Information Systems Indonesia (AISINDO), Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society (INDOCEISS) dan bertugas untuk mengelola dan mengevaluasi proses pengajuan akreditasi program studi di rumpun dan bidang Informatika dan Ilmu Komputer.

Tim Asesor bersama Rektor dan Jajaran Pimpinan Dekanat berkeliling melihat fasilitas FILKOM

Pada hari pertama kegiatan ini diawali dengan seremoni pembukaan kegiatan asesmen lapangan, dihadiri oleh seluruh pimpinan Dekanat FILKOM, Ketua Departemen Sistem Informasi, Ketua Prodi Teknologi Informasi, dan tim akreditasi yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan. Agenda dilanjutkan dengan  pembacaan dan penandatanganan Pernyataan asesmen Lapangan yang diteruskan dengan tour melihat sarana dan fasilitas yang ada di FILKOM UB.

Dalam sambutannya, Rektor UB menyampaikan bahwa kegiatan akreditasi sangat penting demi pemeringkatan perguruan tinggi.

“Kami senang menyambut kesempatan ini. Asesmen Lapangan dari LAM INFOKOM untuk program studi Teknologi Informasi memiliki peranan penting bagi perjalanan prodi dan universitas untuk naik ke tahap berikutnya,” teran Prof. Widodo

Tujuan dari asesmen ini yaitu melaksanakan proses akreditasi program studi di bidang informatika dan komputer serta menjamin pemenuhan standar pendidikan tinggi secara sistemik dan berkelanjutan sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pendidikan tinggi di Program Studi Teknologi Informasi.

Suasana ruang akreditasi di Auditorium Algoritma

Asesmen lapangan dilanjutkan pada hari kedua dengan agenda pembahasan observasi kegiatan pembelajaran di ruang kelas, konfirmasi kinerja dan keterlibatan tenaga kependidikan bagi mahasiswa dan dosen Prodi Teknologi Informasi, konfirmasi keterlibatan dan kepuasan mahasiswa atas kinerja tenaga didik, penyampaian masukan akhir dari Tim Asesor, serta diakhiri dengan penyampaian dan penandatanganan berita acara asesmen lapangan dan rekomendasi hasil akreditasi oleh Tim Asesor LAM INFOKOM.

Semoga Prodi Teknologi Informasi mendapatkan hasil yang positif dari assesmen lapangan kali ini, dan menjadi program studi dengan predikat Unggul.[drn]