Enam Program Studi FILKOM Dapatkan Akreditasi Internasional AQAS

Enam Program Studi FILKOM Dapatkan Akreditasi Internasional AQAS

Kamis (2/2/2023), Sertifikat Akreditas Internasional AQAS resmi diterima oleh FILKOM UB. Kegiatan serah terima ini dilaksanakan di Gedung Rektorat Lt. 8 dengan dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES; Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Internasionalisasi, Prof. Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati, M.S; Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Dr. Ir. Bambang Susilo, M.Sc.Agr; serta pimpinan Dekanat FILKOM UB.

Fakultas Ilmu Komputer berhasil memperoleh Akreditasi Internasional AQAS (Agentur für Qualitätssicherung Durch Akkreditierung von Studiengängen) setelah melalui asesmen lapangan pada tanggal 22 sampaidengan dan 26 Agustus 2022 lalu oleh Prof. Dr. Zhen Dai dari Hamburg University of Applied Sciences (HAW Hamburg, Jerman); Prof. Dr. Gabriele Kunau dari Fachhochschule Dortmund University of Applied Sciences and Arts, Jerman; Prof. Dr. Marco Platzner dari Paderborn University, Jerman; Barata Antariksa dari TVET School, Bekasi; dan Jessica Ziegler dari University of Postdam, Jerman (perwakilan mahasiswa.

Dalam wawancaranya Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. menyampaikan bahwa akreditasi AQAS ini sama halnya dengan akreditasi umumnya baik nasional atau internasional yang membedakan adalah dari standar pembelajaran baik kurikulum dan fasilitas sudah berstandar internasional.

“Dengan mendapatkan akreditasi internasional ini akan memudahkan FILKOM dari segi lulusan akan memudahkan untuk melanjutkan studi lanjut di luar negeri atau akan bekerja di luar negeri. Selain itu calon mahasiswa baik dari luar negeri atau dalam negeri sudah yakin dengan kualitas pendidikan di FILKOM UB,” terangnya.

Perlu diketahui 6 (enam) program studi dari FILKOM yaitu Prodi Teknik Informatika (TIF); Teknik Komputer (TEKKOM); Pendidikan Teknologi Informasi (PTI); Sistem Informasi (SI); Teknologi Informasi (TI) dan Magister Ilmu Komputer semuanya telah terakreditasi secara Internasional, dengan tiga diantaranya (TIF, TEKKOM dan PTI) berstatus unconditional dalam artian lolos tanpa syarat. Masa berlaku akreditasi ini 5 (lima) tahun sampai 31 Desember 2028.

Prof. Wayan melanjutkan bahwa tidak berhenti sampai disini, target selanjutnya dari FILKOM setelah mendapatkan akreditasi internasional yaitu akan membuka program studi baru karena fakultas sudah memiliki kapasitas dengan baik dalam mengelola sumber daya dan kurikulum pembelajarannya.

“Saat ini waktunya untuk ekspansi dalam artian membuka prodi baru sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Insyaallah dalam waktu dekat ini FILKOM akan menambah program studi baru yaitu S2 (Magister) Sistem Informasi, S3 (Doktoral) Ilmu Komputer serta tidak menutup kemungkinan S1 juga bertambah semisal Rekayasa Perangkat Lunak dan Kecerdasan Buatan,” tambah Prof. Wayan.

Selain itu Prof. Wayan juga tidak lupa untuk berterimakasih kepada seluruh sivitas akademi FILKOM khusunya tim akreditasi AQAS yang telah berjuang dan berusaha mulai dari pengumpulan dokumen sampai dengan proses asesmen lapangan sehingga FILKOM UB mendapatkan hasil maksimal yaitu terakreditasi internasional.[drn]