Bersama Perusahaan Internasional, FILKOM UB Adakan Pelatihan Bersertifikasi Global

Bersama Perusahaan Internasional, FILKOM UB Adakan Pelatihan Bersertifikasi Global

November 2022 lalu Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) bersama Red Hat menyelenggarakan pelatihan RH124 dan RH134 dalam rangka Sertifikasi Global RHCSA 2022. Pelatihan ini diselenggarakan hampir selama dua bulan yaitu dari 1 Oktober sampaidengan 30 November 2022 dan dilaksanakan secara daring.

Perlu diketahui sebelumnya, Red Hat adalah salah satu perusahaan terbesar dan dikenal untuk dedikasinya atas perangkat lunak sumber terbuka. Red Hat didirikan pada 1993 dan bermarkas di Raleigh, North Carolina, Amerika Serikat. Red Hat terkenal karena produknya Red Hat Linux salah satu distro Linux utama. Selain itu, Red Hat juga berkecimpung di dunia pendidikan dengan nama Red Hat Academy.

Red Hat Academy memiliki beberapa sertifikasi, di antaranya adalah Red Hat 124 (RH124) dan Red Hat 134 (RH134). Red Hat System Administration I (RH124) dirancang untuk profesional TI tanpa pengalaman administrasi sistem Linux sebelumnya. Pelatihan ini menghadirkan instruktur dari dosen FILKOM yaitu Rakhmadhany Primananda, S.T., M.Kom; Adhitya Bhawiyuga, S.Kom., M.Sc. serta asisten pendamping Aninditya Nugroho, S.T. dan Yohanes Setiawan, S.T.P.

Ketua pelaksana kegiatan, Tri Afirianto, ST., MT (Afi) menyampaikan bahwa pelatihan ini membekali siswa dengan kompetensi administrasi Linux dengan berfokus pada tugas-tugas administrasi inti. Pelatihan ini juga memberikan landasan bagi siswa yang berencana untuk menjadi administrator sistem Linux penuh waktu dengan memperkenalkan konsep baris perintah utama dan alat tingkat perusahaan.

“Red Hat System Administration II (RH134) lebih ke arah keterampilan administrasi sistem Linux inti dalam konfigurasi dan manajemen penyimpanan, instalasi dan penyebaran Red Hat Enterprise Linux, manajemen fitur keamanan seperti SELinux, kontrol tugas sistem berulang, manajemen proses booting dan pemecahan masalah, dasar penyetelan sistem, serta otomatisasi dan produktivitas baris perintah,” jelas Afi.

Sebelumnya Red Hat Academy bekerjasama dengan institusi di seluruh dunia untuk memberikan akses gratis kepada generasi berikutnya dari talenta TI ke berbagai kursus pelatihan dan ujian sertifikasi Red Hat. Red Hat Academy memberikan beberapa kesempatan bagi mahasiswa, di antaranya adalah mempelajari keterampilan, mendapatkan sertifikasi, belajar dari berbagai format courseware, mendapatkan pengalaman berharga, dapat terhubung dengan instruktur dan siswa Red Hat di Red Hat Learning Community, dan mempersiapkan karir di bidang IT.

Afi juga menambahkan, harapannya dengan mahasiswa yang lulus dalam pelatihan ini mampu memiliki beberapa keahlian diantaranya dapat memanajemen paket dengan struktur repositori baru dan modul appstream; mampu membuat perangkat penyimpanan, volume, dan sistem file, termasuk manajemen penyimpanan Stratis; dapat mengonfigurasikan layanan dan keamanan jaringan, mengelola proses penjadwalan dan penyetelan, mengelola pengguna grup dan autentikasi.

Dari 26 peserta yang mendaftar, 14 (54%) di antaranya telah lulus RHA 1 dan RHA 2, 8 (31%) di antaranya telah mengerjakan sebagian tugas, sedangkan 4 (15%) tidak mengerjakan sama sekali. Oleh karena itu, sertifikat peserta akan diberikan kepada peserta yang setidaknya telah mengerjakan seluruh task, yaitu sebanyak 14 (54%) peserta.[drn]