FILKOM selenggarakan Pelatihan & Sertifikasi Cisco CCNA-Introduction To Networks Batch II Tahun 2022

Cisco merupakan sebuah perusahaan yang memiliki dua bidang usaha, yaitu di bidang pembuatan perangkat keras dan perangkat lunak yang berhubungan dengan jaringan komputer serta di bidang pendidikan yaitu Cisco Networking Academy (CNA). Di kedua bidang usaha ini, Cisco telah memiliki nama yang besar dan menjadi sebuah perusahaan yang menguasai sebagian besar pangsa pasar peralatan jaringan dan pengembangan solusi terintegrasi di dunia.

Untuk menyediakan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mengoperasikan, mendesain, mengimplementasi serta menjaga keamanan dari produk Cisco yang tersebar di dunia, maka Cisco membangun sebuah institusi Pendidikan yang dinamakan Cisco Networking Academy. Pelatihan ini menghadirkan instruktur dari dosen FILKOM yaitu Fariz Andri Bakhtiar, S.T., M.Kom; Tri Afirianto, S.T., M.T; Faizatul Amalia, S.Pd., M.Pd. serta ditemani asisten instruktur, Aditya Hari Bawono, S.Kom., M.Kom. dan Arif Efendi.

Dalam mendukung program ini Cisco bersama Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan pelatihan Cisco Certified Network Associate(CCNA) dimana menjadi salah satu pelatihan yang memiliki sertifikasi dari Cisco. Pelatihan ini diselenggarakan secara dari mulai 16 November 2022 sampaidengan 8 Desember 2022.

Selaku ketua pelaksana kegiatan, Tri Afirianto, S.T., M.T. (Afi) menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya pelatihan ini yaitu untuk membekali dan meningkatkan kemampuan atau kompetensi di bidang IT bagi mahasiswa FILKOM khusunya. Selain itu dengan menyelesaikan pelatihan ini mahasiswa FILKOM akan mendapatkan sertifikasi yang sangat berguna untuk meningkatkan peluang karir profesionalnya.

“CCNA sendiri terdiri dari tiga tahap, yaitu Introduction to Networks (ITN), Switching, Routing and Wireless Essentials (SRWE), dan Enterprise Network, Security, and Automation (ENSA). Pada kegiatan kali ini, CCNA yang disampaikan adalah CCNA ITN,” terang Afi.

Afi juga menambahkan CCNA ITN merupakan tahapan pertama yang belum memiliki persyaratan dan nantinya menjadi prasyarat untuk menuju tahapan selanjutnya. Oleh karena itu, pada pelatihan ini setiap mahasiswa berhak untuk mengikuti sertifikasi tersebut. Bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan pelatihan dan sertifikasi ini diharapkan mampu membuat simulasi jaringan sesuai kebutuhan dengan menerapkan konsep IP addressing dan routing serta dapat membedakan dan mengimplementasikan berbagai jenis protokol pada jaringan.

Dari 33 peserta yang mendaftar, 21 (64%) di antaranya telah lulus Skill Exam dan Final Exam, 2 (6%) di antaranya telah mengerjakan seluruh Module Group Exam namun tidak menyelesaikan Final Exam, 4 (12%) di antaranya hanya mengerjakan Sebagian Module Group Exam, sedangkan 6 (18%) tidak mengerjakan sama sekali. Oleh karena itu, 21 (64%) peserta yang telah lulus Skill Exam dan Final Exam CCNA ITN mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan pelatihan dan sertifikasi CCNA SRWE.[drn]