FILKOM Banyak Diminati Sebagai Tujuan Kunjungan SMA/SMK di Indonesia

  

Kunjungan kampus merupakan suatu kegiatan yang diadakan di suatu sekolah. Tujuan dengan adanya kunjungan kampus ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan baru di dunia kampus serta dapat dijadikan opsi sebelum masuk ke jenjang universitas. Terkait dengan kampus yang akan dikunjungi tentu saja menyesuaikan keinginan dan passion masing-masing siswa.

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) menjadi salah satu fakultas di Universitas Brawijaya (UB) yang banyak diminati sebagai tujuan kunjungan SMA/SMK sederajat di Indonesia. Kunjungan tersebut biasanya bertujuan memberikan informasi lebih lanjut kepada para siswa tentang FILKOM, termasuk apa saja program studi yang ditawarkan, seleksi penerimaan, fasilitas dan kurikulum yang ditawarkan.

Sejak Kemendikbud memperbolehkan kembali pelaksanaan perkuliahan tatap muka usai pandemi Covid-19, FILKOM juga membuka kembali penerimaan kunjungan baik dari perguruan tinggi maupun SMA/SMK seluruh Indonesia. Tercatat sejak bulan Juli hingga Desember 2022 ada 3.104 siswa dari 24 SMA/SMK sederajat di Indonesia yang berkunjung. Kunjungan paling banyak berasal dari Jawa Timur sejumlah 13 sekolah, kedua dari Jabodetabek sejumlah 9 sekolah dan sisanya masing-masing satu sekolah dari Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.

Jajaran pimpinan FILKOM menyambut baik kunjungan tersebut dengan turut hadir pada setiap acara. Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. menyampaikan bahwa momen kunjungan siswa SMA/SMK sederajat dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan bagaimana sistem perkuliahan di FILKOM. Harapannya usai melakukan kunjungan ke FILKOM, para siswa bisa terbuka wawasannya tentang berbagai program atau jurusan yang dapat diambil saat studi lanjut usai SMA nanti. Mengingat bidang Teknologi Informasi (TI) memiliki prospek kerja yang cukup luas dan bervariasi, FILKOM bisa menjadi salah satu pilihan fakultas bagi para lulusan SMA/SMK sederajat untuk mengembangkan keahlian khususnya di bidang TI.

Selain itu dalam kegiatan kunjungan, FILKOM juga memberikan fasilitas dimana para dosen memberikan pengenalan profil Universitas Brawijaya dan khusunya profil dari FILKOM, agar para siswa dapat lebih dekat mengenal FILKOM dan kedepannya tertarik untuk menempuh studi di UB. Para siswa juga diajak untuk berkeliling melihat infrastrusktur dan fasilitas yang dimiliki oleh FILKOM dimaan dipandu oleh tenaga kependidikan FILKOM yang juga menjelaskan fungsi dan manfaat dari fasilitas-fasilitas yang ada.

Untuk tahun 2023 ini FILKOM juga masih menerima kunjungan secara langsung. Tentunya dari berbagai akreditasi yang di dapat tiap prodi, banyaknya mahasiswa berprestasi di tingkat nasional maupun internasional serta sarana dan prasarana yang menunjang perkuliahan dan kegiatan mahasiswa lainnya tentunya FILKOM masih menjadi favorit tujuan kunjungan dari SMA/SMK yang ada di Indonesia.[dna/drn]