Jelaskan Neural Network dan Deep Learning, Dosen FILKOM Isi Kuliah Tamu Di Binus University

 

Salah satu dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB); Dr. Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, ST., M.Eng. menjadi narasumber pada kuliah tamu di Program Studi Computer Science Binus University Malang pada Jum’at (9/12/2022). Kegiatan kuliah tamu ini diselenggarakan secara daring dan termasuk program kegiatan di mata kuliah Artificial Intelligence, khususnya dalam topik Introduction to Neural Network and Deep Learning.

Kuliah tamu dari Fitr aini dihadiri Elizabeth Paskahlia Gunawan, S.Kom., M.Cs sebagai dosen matakuliah dan moderator serta mahasiswa Binus sejumlah 150 partisipan. Materi yang disampaikan Fitra disini yaitu Pengenalan Neural Network dan Deep Learning.

Mengawali kegiatan Fitra menjelaskan bahwa Neural Network merupakan algoritma yang di buat yang terinspirasi dari cara otak bekerja. Neural Network memiliki kinerja yang cukup baik di berbagai bidang meskipun cara kerja Neural Network merupakan simplifikasi cara kerja otak. Salah satu model Neural Network yang paling sederhana adalah model McCulloch dan Pitts. Model sederhana ini menjadi dasar pengembangan berbagai macam model Neural Network yang ada saat ini. Salah satu model Neural Network yang paling dikenal adalah Backpropagation Neural Network.

“Saat ini perkembangan Neural Network sudah sampai pada Deep Learning. Deep Learning menggunakan lapisan yang lebih dalam untuk melakukan pemrosesan data seperti halnya yang dilakukan otak,” terang Fitra.

Deep Learning yang ada saat ini jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya karena model yang ada saat ini mempelajari fitur dari data lebih spesifk. Setiap node pada hidden layer akan bertugas untuk mempelajari fitur-fitur tertentu dari data. Layer-layer tersebut disebut juga dengan auto-encoder. Saat ini Deep Learning telah di manfaatkan di berbagai bidang dan merupakan state-of-the-art method di bidang ilmu komputer.

Kuliah tamu ini dilanjut dengan sesi diskusi dari mahasiswa Binus yang mengajukan pertanyaan kepada Fitra. Di akhir kegiatan  Elizabeth selaku dosen Binus juga mengucapkan terima kasih kepada Fitra yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu kepada para mahasiswa Binus.[drn]