Kaleidoskop 2022 Fakultas Ilmu Komputer : Bangkit Berkarya Pasca Pandemi

Beberapa waktu yang lalu, lembar demi lembar pencapaian telah mengisi tahun 2022. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) memaknai setiap lembar dengan karya dan kegiatan positif pasca pandemi. Berikut rangkuman kegiatan yang ada di FILKOM UB selama tahun 2022.

Januari 2022

Januari 2022 FILKOM UB memiliki mandat menjadi panitia kegiatan Dies Natalis UB yang ke-59. Serangkaian kegiatan diselenggarakan seperti jalan sehat terbatas, sepak bola all star, talkshow serta konser virtual dan temu alumni. Selain itu juga diresmikannya Gedung Kreativitas Mahasiswa (GKM) oleh Rektor UB saat itu, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, A.R., M.S.

Pada bulan ini FILKOM juga menyiapkan kelas hybrid untuk mendukung proses belajar mengajar dan menjadi percontohan di UB sesuai arahan Rektor UB. Di sejumlah ruang kelas, sejumlah alat untuk menunjang perkuliahan hybrid sudah disiapkan dan dilakukan simulasi oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Filkom UB, Dr. Eng. Herman Tolle, ST. MT. kepada beberapa mahasiswa.

Februari 2022

Perkuliahan secara hybrid Semester Genap 2021/2022 dimulai pada bulan ini, karena masih dalam pandemi hanya beberapa mahasiswa yang hadir secara langsung di kampus, sebagian masih mengikuti kuliah online dari rumah. Mahasiswa yang hadir secara langsung sangat antusias mengikuti perkuliahan karena hampir 2 tahun mahasiswa hanya melaksanakan perkuliahan secara online.

Beberapa webinar dan talkshow diselenggarakan di bulan ini, kegiatan secara luring juga mulai banyak dilaksanakan walaupun dengan peserta yang terbatas. Departemen Sistem informasi menyelenggarakan workshop penyusunan dan implementasi kurikulum berbasis OBE serta ada juga dosen FILKOM yang memberikan kuliah tamu di Universitas Islam Kediri.

Maret 2022

FILKOM resmi memiliki Profesor pada bulan Maret 2022 yaitu Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D yang juga selaku Dekan FILKOM. Beliau juga tercatat sebagai profesor aktif ke-164 di UB. Dalam pengukuhannya Prof. Wayan menyampaikan orasi ilmiah tentang Pengembangan Metode Kecerdasan Buatan Terintegrasi Untuk Optimasi Proses Produksi dan Distribusi Industri Manufaktur.

Pada bulan ini FILKOM UB juga melepas sejumlah mahasiswa 101 Program Bangkit, 245 Program MISB serta 2 Kampus Mengajar. Pelepasan dilaksanakan secara daring oleh Dekan dan Wakli Dekan I Bidang Akademik FILKOM UB

Selain itu juga ada karya dan prestasi mahasiswa Ahmad Syaifullah (Sistem Informasi, FILKOM) yang menciptakan startup dan masuk ke dalam Forbes 30 Under 30. Selanjutnya 4 orang mahasiwa FILKOM mengikuti POMPROV 2022 yang diselenggarakan di Malang Raya.

April 2022

Grafik penyebaran covid-19 yang terus menurun membuat FILKOM berani untuk meningkatkan kapasitas mahasiwa yang hadir secara langsung di kelas. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, mahasiswa diijinkan untuk hadir di kampus baik untuk mengikuti kegiatan perkuliahan atau diskusi di ruang terbuka yang disediakan oleh FILKOM UB.

Bulan April 2022 juga menjadi bulan sedih dimana mantan Direktur Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) yang sekarang menjadi FILKOM UB, yaitu Ir. Sutrisno, M.T. melaksanakan purna baktinya. Acara pelepasan ini diselenggarakan secara langsung di gedung Auditorium Algoritma FILKOM UB dengan dihadiri seluruh dosen beserta tenaga kependidikan FILKOM.

Pada bulan ini tim Robotiik FILKOM juga mempersiapkan diri untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI), dan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTBN). Pembekalan ini dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa, Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom untuk memberikan semagat dan motivasi kepada tim Robotiik FILKOM UB.

Mei 2022

FILKOM UB menjadi salah satu penyelenggara ujian UTBK yang ditunjuk oleh UB. Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS beserta jajaran pimpinan universitas meninjau lokasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di ruang laboratorium gedung G FILKOM yang menjadi lokasi ujian. FILKOM juga mendapat pujian dari Rektor dikarenakan menyediakan tempat transit bagi para peserta ujian sesuai dengan protokol kesehatan dimana bertempat di selasar gedung F dengan gedung G FILKOM. Karena tempat transit ini  memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga memberikan kenyamanan baik bagi pantia dan peserta dalam menjaga protokol kesehatan.

Selain itu FILKOM juga menerima kunjungan dari Institut Telkom Surabaya yang bertujuan untuk menjadikan Prodi Teknologi Informasi FILKOM sebagai percontohan. Selain melakukan studi banding dan belajar kepada Prodi TI FILKOM UB, harapan kedepanya terjadinya kerjasama dari lnstitut Telkom Surabaya dengan Universitas Brawijaya khususnya FILKOM UB, baik untuk pelaksanaan riset dosen, pertukaran mahasiswa atau program-program MBKM.

Juni 2022

FILKOM UB mempersiapkan kegiatan KKN untuk para mahasiswanya di tahun kedua pelaksanaanya. Beberapa panitia meninjau lokasi secara langsung di Kabupaten Malang seperti di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Poncokusumo, Gedangan, Bantur dan Donomulyo. KKN ini berfokus dalam pemberdayaan ekonomi atau pemasaran produk lokal. Selain itu, untuk mahasiswa FILKOM fokus yang dicapai adalah perkembangan teknologi dan IT di berbagai sektor pada daerah yang dituju mulai sektor ekonomi, pendidikan dan pariwisata.

Pada bulan ini Tim Robotiik FILKOM juga mendapatkan prestasi memperoleh juara 3 di Politeknik Negeri Bali Robot Competition (PNBRC), selain itu tim ini berangkat menuju Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional Tahun 2022

Juli 2022

Sejumlah 702 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM UB) resmi dilepas oleh Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., PhD. Med.Sc yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui program Kuliah kerja Nyata Tematik (KKN-T) di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. KKN ini diikuti oleh mahasiswa selama 30 hari sampai dengan pertengahan Agustus 2022.

Pada Juli 2022, FILKOM juga sukses selenggarakan International Conference On Multidisciplinary Applications of Information Technology (ICOMIT) untuk pertama kalinya. Konferensi ini dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) di Auditorium Algoritma FILKOM. Dengan tema “Multidisciplinary Applications of Information Technology for Better Living in the Post-Pandemic Era.” pada ICOMIT 2022 ini panitia penyelenggara juga mengundang tiga orang keynote speaker yaitu (1) Dawn Owens, Ph.D dari The University of Texas at Dallas; (2) Prof. Márton Lőrinc dari Sapientia Hungarian University of Transylvania, Hungary dan (3) Prof. Hiroki Tamura dari Miyazaki University, Jepang.

Selain itu, pada bulan ini FILKOM menerima kunjugan SMA secara langsung (luring) untuk pertamakalinya pasca pandemi. FILKOM menerima kunjungan SMA Negeri 1 Ngunut (SMANUSA) Tulungagung bertempat di Gedung Auditorium Algoritma. Rombongan dari SMANUSA ini sebanyak 300 orang yang terdiri dari siswa kelas XII program IPA dan IPS dan 15 guru pembimbing. Tentunya kegiatan ini menjadi jalan pembuka bagi SMA lainnya yang akan melaksanakan kunjungan ke FILKOM UB.

Agustus 2022

Agustus 2022 menjadi bulan yang sibuk bagi Sivitas Akademika FILKOM karena harus mempersiapkan dan mengikuti akreditasi Internasional AQAS, menutup kegiatan KKN 2022 serta menyambut mahasiswa baru melalui kegiatan PKKMB 2022. Penutupan KKN diselenggarakan pada 12 Agustus 2022; Pembukaan PKKMB dilaksanakan 20-21 Agustus 2022; dan visitasi akreditasi internasional AQAS pada 22-26 Agustus 2022.

Visitasi AQAS menghadirkan beberapa expert  untuk menilai kualitas program studi. Para Expert tersebut berasal dari berbagai macam institusi di Eropa seperti Prof. Dr. Zhen Dai dari Hamburg University of Applied Sciences (HAW Hamburg, Jerman); Prof. Dr. Gabriele Kunau dari Fachhochschule Dortmund University of Applied Sciences and Arts, Jerman; Prof. Dr. Marco Platzner dari Paderborn University, Jerman; Barata Antarikas dari TVET School, Bekasi; dan Jessica Ziegler dari University of Postdam, Jerman (perwakilan mahasiswa).

September 2022

Setelah melaksanakan kegiatan visitasi AQAS, FILKOM juga meyelenggarakan asesmen lapangan daring akreditasi Program Studi Teknik Komputer (TEKKOM). Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada tahun 2022 ini mengajukan Akreditasi Program Studi pada Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tahap visitasi (asesmen lapangan) oleh Asesor BAN-PT telah dilakukan pada tanggal 7-8 September 2022 secara daring. Asesor yang ditugaskan melakukan asesmen lapangan adalah Prof. Drs. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D. dan Dr. Yani Nurhadryani, M.T. Kedua asesor mempunyai latar belakang akademis bidang IT, yaitu Prof. Drs. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D. yang berasal dari Universitas Indonesia (UI) sedangkan Dr. Yani Nurhadryani, M.T. berasal dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Selanjutnya Tiga tim yang dibimbing oleh Dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) masuk dalam Top 15 Final Capstone Project. Tim yang masuk dalam Top 15 Final Capstone Project mendapatkan pendanaan dari Google dan Kemendikbudristek sebesar 10 ribu Dollar atau sebesar Rp. 140.000.000 untuk melanjutkan pengembangan aplikasi untuk menjadi sebuah startup yang berkolaborasi langsung dengan UMKM.

Oktober 2022

Program Studi Magister Ilmu Komputer berhasil peroleh “akreditasi unggul” dari badan akreditasi nasional perguruan tinggi pada bulan ini setelah diselenggarkan asesmen pada bulan sebelumnya. Asesmen dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Agus Buono, M.Si., M.Kom. yang berasal dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan Dr. Nur Rokhman, S.Si., M.Kom. berasal dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta

Tahun ketiga Final Kompetisi 4C diselenggarakan secara luring untuk pertama kalinya. Karena pandemi, kegiatan final sebelumnya diselenggarakan secara daring. Jumlah pendaftar sangat meningkat drastis dari tahun sebelumnya. Untuk tahun lalu (2021) jumlah pendaftar sejumlah 181 sedangkan di tahun ini pendaftar sampai 244 tim.

November 2022

FILKOM menyelenggarakan 2 konferensi ilmiah secara hybrid yaitu 7th International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology (SIET 2022) dan Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi (SENTRIN). SIET tahun ini menerima 60 judul publikasi, sedangkan SENTRIN menerima 34 judul. SIET dan SENTRIN mengundang beberapa keynote speaker diantarannya Prof. Katalin Hangos dari University of Pannonia, Hungaria; Prof. Bian Yang dari Norwegian University of Science and Tecnology; Prof. Dr. Arif Muntasa, S.Si., M.T dari Universitas Trunojoyo, Madura dan Romi Satria Wahono, Ph.D yaitu seorang peneliti dan praktisi industri serta Founder & CEO ilmukomputer.com, Braindevs.ID dan Brainmatrics.ID.

Selain itu FILKOM UB juga ditunjuk menjadi venue final kompetisi IT paling bergengsi di tanah air, GEMASTIK XV. Kompetisi ini pertamakali diselenggarakan di UB dengan total 224 tim dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Adapun gedung FILKOM yang digunakan untuk GEMASTIK XV meliputi gedung F untuk registrasi peserta, ruang transit peserta dan dewan juri serta technical meeting; Gedung Kreativitas Mahasiswa lantai 3 dan 4 untuk pemanasan dan lomba divisi 1, 2 dan 3; serta Auditorium Algoritma gedung G lantai 2 untuk acara penutupan.

Bulan November ini FILKOM juga menyelenggarkan Dekan Cup untuk mahasiswa baru (maba) Angkatan 2022. Dekan Cup pada tahun ini masuk di dalam rangkaian kegiatan krida mahasiswa yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru FILKOM UB dengan berbagai bidang kompetisi diantarannya Pelanalaran dan Kreativitas Mahasiswa yang mencangkup 7 (tujuh) bidang PKM, kemudian terdapat kompetisi kewirausahaan serta minat dan bakat. Untuk minat dan bakat sendiri terdiri dari kompetisi desain poster, desain infografis, video animasi, kompetisi debat, desain aplikasi Al-Qur’an dan cerdas cermat Fahmil Qur’n serta penilaian Syarhil Qur’an.

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-11 Fakultas lIlmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), menyelenggarakan kegiatan jalan sehat. Agenda acara meliputi jalan sehat, panggung hiburan dengan penampilan dari Vinoqi Entertainment serta undian doorprize untuk peserta jalan sehat. FILKOM juga melaksanakan tetenger bumi dimana gelar penanaman 110 pohon di Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang. Pohon tersebut terdiri atas 55 pohon alpukat dan 55 pohon durian. elaksanaan kegiatan Tetenger Bumi bekerjasama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kecamatan Sumawe.

Desember 2022

Babak final dan pengumuman pemenang Dekan Cup 2022 terselenggarakan di bulan ini dengan menghadirkan talenta dan juara di tingkat mahasiswa baru (maba) Angkatan 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan Dekanat, Departemen Prodi serta panitia dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Selain itu juga ada penampilan band dan tari dari mahasiswa baru yang menghiasi acara inagurasi dan Final Dekan Cup tahun ini. Di akhir kegiatan penutupan oleh pemukulan gong sebagai simbol bahwa mahasiswa baru dinyatakan lulus dalam kegiatan krida mahasiswa dan menjadi mahasiswa FILKOM.

Fakultas Ilmu Komputer juga berhasil memperoleh Akreditasi Internasional AQAS (Agentur für Qualitätssicherung Durch Akkreditierung von Studiengängen). Setelah dilaksanakan Asesmen lapangan pada tanggal 22 sampaidengan dan 26 Agustus 2022 lalu oleh Prof. Dr. Zhen Dai dari Hamburg University of Applied Sciences (HAW Hamburg, Jerman); Prof. Dr. Gabriele Kunau dari Fachhochschule Dortmund University of Applied Sciences and Arts, Jerman; Prof. Dr. Marco Platzner dari Paderborn University, Jerman; Barata Antariksa dari TVET School, Bekasi; dan Jessica Ziegler dari University of Postdam, Jerman (perwakilan mahasiswa). Tiga dari enam Prodi yaitu Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Pendidikan Teknologi Informasi memperoleh status unconditional (lulus tanpa syarat).[drn]