Inisiasi Kerjasama dan Perbaikan Kurikulum, FILKOM UB Kunjungi CAVR NTU dan fxMedia Singapura

Inisiasi Kerjasama dan Perbaikan Kurikulum, FILKOM UB Kunjungi CAVR NTU dan fxMedia Singapura

Guna meningkatkan profil lulusan Program Studi Teknik Informatika (Prodi TIF), terutama pada bidang interactive media sebagai salah satu stream peminatan pada Prodi TIF, dimana melingkupi bidang pengembangan Mobile Application, Human-Computer Interaction dan bidang Augmented Reality/Virtual Reality, maka perlu dilakukan pengembangan kurikulum dan bahan ajar. Nanyang Technological University, sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, dengan peringkat 19 QS World University Rankings 2023, menjadi salah satu acuan untuk melakukan perubahan ini. Salah satu keunggulan dari NTU  adalah memiliki Center of Virtual Reality and Augmented Reality (CAVR) yang relevan dengan keilmuan bidang interactive media yang dikelola oleh Laboratorium Teknologi MGM Filkom UB. Kegiatan kunjungan dan kerjasama ini didanai oleh program Dosen Berkarya tahun 2022.

Dalam rangka perbaikan kurikulum khususnya pada stream Interactive media dari Prodi Informatika diikuti oleh Aryo Pinandito, S.T., M.MT., Ph.D., selaku kepala Laboratorium MGM dan Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT., selaku ketua Grup Riset MGM yang melakukan kunjungan ke mitra industri dan ke Center of Augmented and Virtual Reality (CAVR) NTU Singapura. Kunjungan ini sekaligus sebagai upaya inisiasi kerjasama dengan mitra industri internasional dan perguruan tinggi yang masuk pemeringkatan QS-100.

Gambar. Mark Wong (Kiri) bersama Herman Tolle (tengah) dan Aryo Pinandito (kanan) saat di Studio fxMedia

Pada kunjungan ke mitra industri yaitu fxMedia Ltd sebagai salah satu perusahaan pengembang teknologi AR dan Metaverse terkemuka di Singapura, rombongan FILKOM bertemu dengan Mark Wong selaku CEO dari fxMedia dan membahas perkembangan teknologi terkait Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Mixed Reality (MR), Extended Reality (XR), dan teknologi Metaverse. Pada pertemuan ini juga dilakukan penjajakan terkait penelitian kolaborasi dalam bidang AR/VR dan Metaverse.

“Pada kunjungan ke CAVR NTU ini belum bisa bertemu secara langsung dengan pihak NTU mengingat saat ini NTU sedang berada pada masa liburan sekolah sehingga pertemuan dilakukan dengan mitra NTU yaitu EON Reality selaku perusahaan yang mengembangkan teknologi AR VR bersama NTU,” terang Herman.

Pada kesempatan tersebut rombongan FILKOM bertemu dengan Senthilkumar dari EON Reality sebagai parnter CAVR NTU dan membahas topik perkembangan teknologi dalam bidang AR/VR dan XR dan penerapannya dalam bidang kesehatan, pendidikan dan bidang-bidang lainnya. Pada diskusi dengan pihak EON Reality disepakati untuk juga melakukan MoU kerjasama dengan pihak EON Reality dalam rangka pengembangan pusat unggulan AR/VR di Universitas Brawijaya sebagai salah satu keunggulan dalam bidang Digital Reality.

Gambar. Aryo Pinandito (kiri) bersama Senthilkumar (kanan) saat di kampus NTU

Berdasarkan hasil pertemuan dan diskusi yang dilakukan di kampus NTU dan beberapa studio pengembangan teknologi dan riset yang menjadi mitra CAVR NTU di Singapura diperoleh banyak informasi terkait kebermanfaatan kegiatan pengembangan dan kerjasama riset lebih lanjut bagi kedua belah pihak, utamanya bagi program studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.

“Untuk itu, program studi Teknik Informatika Filkom UB dapat mengadopsi silabus beberapa mata kuliah terkait AR/VR yang digunakan di NTU menjadi bagian dari silabus mata kuliah yang ditawarkan di program studi Teknik Informatika Filkom Universitas Brawijaya,” lanjut Herman

Dengan demikian, diharapkan industri yang begerak di bidang AR/VR dapat memanfaatkan lulusan dari program studi Teknik Informatika Filkom Universitas Brawijaya sebagai sumber daya potensial dan unggul di bidang AR dan VR.[drn]