Pelaksanaan Tracer Study Dan Survey Kepuasan Pengguna Lulusan Universitas Brawijaya 2021

Pelaksanaan Tracer Study Dan Survey Kepuasan Pengguna Lulusan Universitas Brawijaya 2021

Berkaitan dengan program Universitas Brawijaya dalam upaya meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dan kebutuhan dunia kerja, diperlukan kebijakan untuk mendapatkan data yang akurat terkait lulusan program studi di Universitas Brawijaya yang langsung bekerja, berwiraswasta ataupun melanjutkan studi, melalui pelaksanaan tracer study dan survey kepuasan pengguna lulusan Universitas Brawijaya. Sehubungan dengan hal ini, kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1.Tracer Study dan survey kepuasan pengguna lulusan dilaksanakan di lingkungan Universitas Brawijaya secara terpusat untuk menjamin bahwa desain metodologi, dan kuesioner yang terstandar dapat digunakan untuk kompilasi dan komparasi data dari fakultas, jurusan atau program studi di lingkungan Universitas Brawijaya.

2. Penanggung jawab utama pelaksanaan tracer study dan survey kepuasan pengguna lulusan di Universitas Brawijaya adalah Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPKK) UB.

3. Sebagaimana yang dijelaskan dalam butir 1, setiap fakultas, jurusan dan program studi bertanggung jawab untuk membantu menyebarkan informasi pelaksanaan tracer study dan survey kepuasan pengguna lulusan dengan merujuk pada standar desain, metodologi dan kuesioner yang ditetapkan oleh Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Brawijaya sebagaimana tercantum dalam situs web https://tracer.ub.ac.id dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Tracer Study ditargetkan pada seluruh populasi, bukan pada kelompok sampel yang sudah dipilih sebelumnya. Target populasi pelaksanaan tracer study tahun berjalan (tahun 2022) adalah seluruh lulusan yang menjadi anggota kohort lulusan tahun 2021 (bukan kohort angkatan masuk).
  • Kuesioner tracer study yang digunakan dalam pelaksanaan Tracer Study dan Survey Kepuasan Pengguna Lulusan tahun 2021 ini adalah kuesioner yang terdapat pada situs web https://tracer.ub.ac.id/data
  • Kuesioner survey kepuasan pengguna lulusan ditargetkan pada kelompok sampel yang didapatkan dari data hasil tracer study tahun sebelumnya. Setiap fakultas akan diberikan data kontak kelompok sampel pengguna lulusan. Jika fakultas sudah memiliki daftar target kelompok sampel pengguna lulusan yang lain, dipersilakan juga untuk melakukan kontak pemberian informasi survey pengguna lulusan kepada kelompok sampel tersebut.
  • Kuesioner survey kepuasan pengguna lulusan yang digunakan dalam pelaksanaan Tracer Study dan Survey Kepuasan Pengguna Lulusan tahun 2021 ini adalah kuesioner yang terdapat pada situs web https://tracer.ub.ac.id/pengguna
  • Setiap fakultas dan program studi dihimbau untuk mendukung pelaksanaan tracer study dan survey kepuasan pengguna lulusan setiap tahun guna memenuhi kebutuhan data nasional dan salah satu syarat kelengkapan akreditasi perguruan tinggi maupun program studi.

4. Ikatan Alumni Universitas Brawijaya sebagai wadah perhimpunan lulusan Universitas Brawijaya secara nasional diharapkan dapat mendukung pelaksanaan pengisian kuesioner tracer study dan survey kepuasan pengguna lulusan, sebagaimana yang dijelaskan dalam butir 1 dan 3, dengan cara mensosialisasikan pelaksanaan tracer study dan survey kepuasan pengguna kepada seluruh alumni ataupun pengguna lulusan Universitas Brawijaya melalui berbagai media komunikasi. Selain itu Ikatan Alumni Universitas Brawijaya diharapkan dapat melakukan ajakan kepada seluruh alumni untuk berperan aktif mengisi kuesioner tracer study melalui situs web https://tracer.ub.ac.id sesuai dengan fakultas dan program studi masing-masing dimana alumni tersebut lulus.

5. Hasil tracer study dan survey kepuasan pengguna diharapkan dapat disosialisasikan kepada berbagai pihak terkait untuk evaluasi kinerja dan untuk mendorong perbaikan proses pembelajaran di tingkat program studi, jurusan, fakultas dan universitas melalui pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja ataupun pendidikan saat ini. Selain itu, hasil tracer study dan survey kepuasan pengguna lulusan diperlukan untuk pengambilan kebijakan di lingkungan Universitas Brawijaya.