Babak Penyisihan Lomba Debat Dekan Cup FILKOM UB 2022

Babak Penyisihan Lomba Debat Dekan Cup FILKOM UB 2022

Usai tahapan bootcamp yang diadakan selama tiga minggu berturut-turut, kini rangkaian kegiatan Dekan Cup FILKOM UB 2022 sudah memasuki tahap pengumpulan karya dan penyisihan. Pada Sabtu, 26 November 2022 telah diadakan babak penyisihan bidang Public Speaking yang diselenggarakan dalam bentuk Lomba Debat secara daring. Sementara itu kelima bidang yang lain (karya ilmiah, kewirausahaan, seni dan sastra, seni religi Islam dan sinematografi masih dalam tahapan Latihan pemantapan dan pengumpulan karya.

Dalam babak penyisihan ini tercatat diikuti oleh 40 tim. Dimana masing-masing tim terdiri atas dua mahasiswa. Penilaian ditentukan berdasarkan aturan dalam sistem Parlemen Inggris (British Parliamentary). Dalam satu babak debat, melibatkan empat tim yang masing-masing mendapatkan posisi sebagai Tim Pemerintah Pembuka, Tim Oposisi Pembuka, Tim Pemerintah Penutup dan Tim Oposisi Penutup. Mosi debat dalam sistem Parlemen Inggris bersifat dadakan (impromptu), yakni mosi diberikan menjelang perdebatan dimulai. Setiap tim mempunyai masa penyiapan kasus selama 15 menit. Dari babak penyisihan ini dipilih delapan tim terbaik untuk kembali bertanding di babak final tanggal 3 Desember 2022.

Penilaian pada babak penyisihan dilakukan oleh lima orang juri yang merupakan alumni Unit Aktivitas Mahasiswa Forum Mahasiswa Studi Bahasa Inggris Universitas Brawijaya (FORMASI UB). Mereka adalah Chairun Nissa Huwaida S.Psi (Owner @Polkadot.id), Ahmad Gianuhlihi Arfansyah S.IP (PT Quipper Edukasi Indonesia), Aditya Janu Perdana, S.H. (Global Media Kreatif/PintarBareng.com), Dimas Rizki Mulia, S. Pd. (PT. IQ Edukasi/CoLearn) dan Annisa Rizqi Kusumasari, S.Ars (PT Weefer Indonesia). Setiap juri menghandle empat ronde debat, dimana setiap ronde diberikan alokasi waktu maksimal 1,5 jam. [dna/drn]

Berikut daftar Finalis Lomba Debat Dekan Cup FILKOM UB 2022:

Nomor Tim Nama Anggota
5 1.       Muhammad Alfaiz Khalifah Alamsyah,

2.       Ridha Ilham Adi Setyawan

8 1.       Aracel Nestova Aprilyanto,

2.       Putu Candra Eliantari

17 1.       Faira Nabila Putri Yenita,

2.       Arifa Maharani Salsabil

26 1.       Priyanza Rahmat Pambudi,

2.       Gavin Raditya

32 1.       Callista Ambarwati,

2.       Maria Elvira

33 1.       Tiara Calista Kusumawardani Atarian,

2.       Anisa Putri Maharani

34 1.       Theodorik Raditya Kusuma,

2.       Haidar Imam Muallim

37 1.       Davin Dalana Fidelio Fredra,

2.       Fauzan Ghaza Madani