FILKOM Jalin Kerjasama Dengan Dinas Diskominfo Perstik Kabupaten Kutai Timur

Tanggal 23 sampai 26 November 2022 lalu, tim dosen perwakilan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melakukan kunjungan ke Kabupaten Kutai Timur. Melalui Program Dosen Berkarya, tim dosen FILKOM UB mempresentasikan Dokumen Master Plan Smart City Kabupaten Kutai Timur untuk Tahun 2022 – 2027.

FILKOM UB diwakili oleh Bayu Rahayudi, MT, MM, Dwija Wisnu Brata, S.ST, MT, dan Dr. Diva Kurnianingtyas, S.Kom. Tim dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya tersebut mengadakan kunjungan dalam rangka menjalin Kerjasama terutama untuk kegiatan penyusunan dokumen Smart City Kabupaten Kutai Timur tahun 2022 – 2027.

Presentasi dokumen Master Plan Smart City Kabupaten Kutai Timur tahun 2022-2027 diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Bapak Bupatu Kutai Timur, yang diwakili oleh Asisten II Sekda, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kutai Timur, Bapak Ery Mulyadi, S.P., M.M.

Kemudian tim dosen Fakultas Ilmu Komputer memaparkan hasil penyusunan dokumen Master Plan Smart City Kabupaten Kutai Timur tahun 2022-2027. Presentasi pertama disampaikan oleh Dr. Diva Kurnianingtyas, S.Kom yang menyampaikan presentasi tentang Konsep Dasar Pembangunan Smart City, dan kemudian dilanjutkan oleh Dwija Wisnu Brata, S.ST, MT yang mempresentasikan tentang Strategi Pembangunan Smart City

Untuk presentasi terakhir dibawakan oleh Bayu Rahayudi, MT, MM yang mempresentasikan tentang Peta Jalan (Roadmap) Smart City Kabupaten Kutai Timur. Presentasi diakhir dengan diskusi dan tanya jawab antara tim dosen berkarya dengan utusan berbagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang terdapat di Kabupaten Kutai Timur.

Selain mempresentasikan dokumen Master Plan, tim dosen berkarya Filkom UB juga mengadakan kunjungan ke beberapa lokasi di Kabupaten Kutai Timur yang akan dimasukkan sebagai program QuickWins Kabupaten Kutai Timur, diantaranya program Bank Sampah di Kecamatan Sangatta Selatan, Kantor Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) terkati program e-SPTPD, dan ke kantor dinas Koperasi dan UMKM di lingkungan perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, Kabupaten Kutai Timur.[drn]