FILKOM jadi Venue Final Kompetisi IT Paling Bergengsi di Tanah Air, GEMASTIK XV

Seiring ditunjuknya Universitas Brawijaya (UB) sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XV, maka Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) dipercaya untuk menjadi penyedia venue pelaksanaan Final sekaligus PIC yang mengawal jalannya kompetisi. Rangkaian Final GEMASTIK XV diselenggarakan selama tiga hari, yaitu tanggal 22 – 24 November 2022. Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan pada hari pertama. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid, yaitu luring terbatas dan daring melalui youtube streaming serta zoom meeting. Bertempat di Gedung Samantha Krida UB, acara pembukaan diikuti oleh Rektor UB; Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa; Ketua Wali Amanah UB; Ketua dan Sekretaris Senat Akademik UB; Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas); Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI); Pimpinan Perguruan Tinggi bidang Kemahasiswaan, Dewan Juri, Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan UB, panitia dan finalis GEMASTIK XV.

Pembukaan sambutan oleh WRIII UB

Dalam sambutannya Wakil Rektor III UB, Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si. menyampaikan bahwa GEMASTIK merupakan program Puspresnas Kemendikbudristek yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dan memajukan teknologi informasi dan komunikasi serta pemanfaatannya. Adapun GEMASTIK XV yang mengangkat tema “TIK untuk Indonesia, Pulih Lebih cepat, Bangkit Lebih Kuat” dilaksanakan dengan metode luring untuk divisi 1, 2 dan 3 saja. Sementara untuk divisi 4 sampai dengan 11 dilaksanakan secara daring. Beliau juga melaporkan bahwa GEMASTIK tahun ini diikuti oleh 215 Perguruan Tinggi dengan total tim yang berpartisipasi sebanyak 2.885.

Technical meeting dan pengundian nomor urut presentasi div 3 penambangan data

Selain WR III UB sambutan juga diberikan oleh Rektor UB Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,PhD dan Kepala plt Puspresnas dan BPTI Asep Sukmayadi SIP MSi. Kemudian acara dilanjutkan dengan serah terima piala bergilir GEMASTIK dari perwakilan juara umum tahun lalu, ITS ke kepala Puspresnas, kemudian diberikan ke Rektor UB sebagai tuan rumah penyelenggara GEMASTIK XV. Prof Widodo juga memukul gong sebagai simbolisasi dimulainya GEMASTIK XV.

Technical meeting divisi pemrograman

Usai pembukaan, acara selanjutnya bertempat di FILKOM hingga hari terakhir penutupan. Adapun gedung FILKOM yang digunakan untuk GEMASTIK XV meliputi gedung F untuk registrasi peserta, ruang transit peserta dan dewan juri serta technical meeting; Gedung Kreativitas Mahasiswa lantai 3 dan 4 untuk pemanasan dan lomba divisi 1, 2 dan 3; serta Auditorium Algoritma gedung G lantai 2 untuk acara penutupan. Harapannya acara GEMASTIK XV yang diselenggarakan di UB tahun ini dapat berjalan lancar dan memberi kesan serta pengalaman yang berharga bagi para finalis dan seluruh pihak yang terlibat. [dna/ddm]