FILKOM UB Fasilitasi Website Resmi Masjid Al-Ikhlas Perumahan Joyogrand Kota Malang Untuk Jangkau Jama’ah Lebih Luas

Masjid Al-Ikhlas merupakan salah satu masjid yang terletak di RW 09 Perumahan Joyogrand, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Masjid ini memiliki kegiatan setiap bulan yang dikelola oleh pengurus takmir masjid. Dalam memberikan informasi kegiatan pada warga sekitar, pihak takmir masjid masih menggunakan spanduk kecil yang ditempatkan di halaman masjid. Dampaknya adalah apabila kegiatan ini membutuhkan donasi dari donatur luar makainformasinya dapat diketahui apabila donatur tersebut sedang berkunjung ke masjid tidak diketahui secara luas.

Oleh karena itu melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Dana DIPA, tim dosen dari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) yang diketuai oleh Tri Afirianto, S.T., M.T(1) serta beranggotakan Dr.Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, S.T., M.Eng(2); Satrio Agung Wicaksono, S.Kom., M.Kom (3); dan Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd(4) memiliki program pengembangan website resmi (official) Masjid Al-Ikhlas Perumahan Joyogrand.

Tri Afirianto (Afi) menyampaikan bahwa Kegiatan ini ditujukan untuk memperkenalkan Masjid Al-Ikhlas Joyogrand melalui web official serta sebagai wadah untuk menampilkan laporan kegiatan, keuangan, dan penggalangan donasi untuk seluruh masyarakat umum.

“Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan web official masjid dapat menginformasikan kegiatan yang telah dilaksanakan dan menambah donasi dari donatur yang berada di luar Perumahan Joyogrand Kota Malang,” sambungnya.

Masjid tersebut dikelola oleh rukun warga setempat. Jumlah masyarakat RW 09 sekitar 400 Kartu Keluarga dengan jumlah pengurus takmir 35 orang, jumlah jamaah sholat lima waktu sekitar 80 orang, dan ketika sholat Jum’at hingga mencapai 600 jamaah. Kegiatan yang dilaksanakan di masjid tersebut sekitar 5 kegiatan per bulan.

Afi menambahkan pengembangan web official Masjid Al-Ikhlas Perumahan Joyogrand dengan menggunakan framework WordPress didasarkan pada kebutuhan pengurus takmir masjid agar kegiatan yang dilaksanakan oleh masjid agar lebih terpublikasi sehingga diharapkan terdapat donatur dari luar warga/jamaah. Selanjutnya, pengabdian ini menjadi pembuka jalan bagi penelitian maupun pengabdian masyarakat berikutnya untuk mengembangkan web di bidang sistem keuangan dalam mengelola keluar dan masuknya dana masjid serta sistem tersebut dapat digunakan di masjid sekitar Perumahan Joyogrand.

Agar pengurus takmir dapat mengoperasikan web tersebut, maka web tersebut dipasang di hosting dan domain tertentu serta pengurus takmir serta remaja masjid dilatih dan didampingi secara langsung oleh tim pengabdian.

Hasil pengabdian masyarakan ini adalah berupa web official Masjid Al-Ikhlas dan pengurus takmir serta remaja masjid dapat mengoperasikan web official tersebut untuk membuat berita kegiatan, informasi keuangan, dan pengumuman donasi. Selanjutnya, pengabdian ini menjadi pembuka jalan bagi pengabdian berikutnya untuk mengembangkan sistem pengelolaan keuangan maupun penelitian berikutnya untuk mengetahui dampak penggunaan web terhadap jumlah donator dari luar yang mengetahui kegiatan maupun memberikan donasi ke masjid.[drn]

Halaman web office Masjid Al-Ikhlas Perumahan Joyogrand Kota Malang dapat diakses melalui laman https://alikhlas-joyogrand09.com/