Berkolaborasi Bersama FK UB, Dosen FILKOM Berikan Pelatihan Pada Staf Rumah Sakit Di Kota Malang dan Kota Batu

Berkolaborasi Bersama FK UB, Dosen FILKOM Berikan Pelatihan Pada Staf Rumah Sakit Di Kota Malang dan Kota Batu

Pada tanggal 25 Oktober 2022, bertempat di Gedung F Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, tim Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya yang tergabung di dalam kelompok pengabdian masyarakat, bekerja sama dengan tim dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada Pelatihan Staf Rumah Sakit se Kota Malang dan Batu. Pelatihan tersebut dibagi menjadi 2 kelompok pelatihan, yaitu Pelatihan Digital Marketing untuk Staf Hubungan Masyarakat di Rumah Sakit, dan Pelatihan Peningkatan Kinerja SIM RS bagi staf IT di Rumah Sakit.

Kelompok Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Komputer yang terdiri dari Agus Wahyu Widodo, ST, MCs, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, PhD, dan Dr. Diva Kurnianingtyas, S.Kom, berkolaborasi dengan Kelompok Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran yang terdiri dari Shofi Nur Rahmah, S.E., M.M., dan Dr. dr. Tita Hariyanti, M.Kes, melaksanakan pelatihan tentang Digital Marketing bagi Rumah Sakit.

Pelatihan ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama tentang Pemasaran Digital serta Riset dan Analisisnya yang disampaikan oleh Shofi Nur Rahmah, dan sesi kedua tentang Optimasi Search Engine dan sosial media yang disampaikan oleh Diva Kurnianingtyas. Pelatihan ini dilaksanakan di lantai 10 Gedung F Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.

Pada saat yang sama, juga dilaksanakan pelatihan Peningkatan Kinerja Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS) bagi staf IT Rumah Sakit. Pelatihan ini dilaksanakan oleh kelompok pengabdian masyarakat yang terdiri dari Bayu Rahayudi, MT, MM, Candra Dewi, S.Kom, MSc, dan Drs. M. Arif Rahman, M.Kom. Pada pelatihan ini, staf IT Rumah Sakit dikenalkan tentang software Profiler dan studi kasus penggunaan software profiler tersebut. Pelatihan ini diadakan di lantai 8, Gedung F Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.

Kedua pelatihan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari sekitar 23 Rumah Sakit di Kota Malang dan Batu, yang masing-masing mengirimkan 2 perwakilan untuk mengikuti 2 kegiatan pelatihan tersebut, sehingga total peserta pelatihan mencapai 46 orang peserta.Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari peserta, dan mereka mengharapkan agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.[by/drn]