11 Mahasiswa Institute Of Business Timor Leste Ikuti Study Visit Di Magister Ilmu Komputer

11 Mahasiswa Institute Of Business Timor Leste Ikuti Study Visit Di Magister Ilmu Komputer

Sejumlah 11 mahasiswa magister dari Program Studi Teknik Informatika Institute of Business (IOB) Timor Leste melaksanakan study visit di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) selama sebulan lamanya. Para mahasiswa tersebut mengikuti perkuliahan di Program Studi Magister Ilmu Komputer serta dibimbing oleh para dosen FILKOM UB dalam mengerjakan tugas akhir dan tesisnya. September lalu, para mahasiswa IOB datang ke FILKOM UB dengan diantar oleh Direktur Magister IOB, Dr. Lucius Ximenes. Beliau menyampaikan bahwa tujuan mahasiswanya menempuh pendidikan di Universitas yang ada di Indonesia agar dapat menambah dan update keilmuan serta pengetahuannya khusunya pada bidang teknologi.

Selasa (04/10/2022) 11 mahasiswa magister IOB telah menyelesaikan program study visit di FILKOM UB. Dalam acara pelepasan yang diselenggarakan, Ketua Program Studi Magister Ilmu Komputer, Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T., M.Eng., Ph.D. menyampaikan bahwa selama melaksanakan studi visit ini para mahasiwa IOB telah melaksanakan tiga pelatihan yaitu pelatihan terkait dengan jaringan komputer, pelatihan android dan pelatihan web yang dilaksanakan kurang lebih 10 pertemuan.

“Selain melaksanakan kegiatan pelatihan, rekan-rekan dari IOB juga telah melaksanakan proses bimbingan tesis dengan masing-masing dosen pembimbing dari Dosen FILKOM dan sedang dalam proses pengerjaan proposalnya. Sedangkan untuk seminar proposalnya, insyaallah akan dilaksanakan secara daring minggu depan,”jelas Sabriansyah.

Selanjutnya kesan dan pesan disampaikan oleh perwakilan dari mahasiswa IOB, Joao Ximenes dimana menyampaiakn rasa terima kasihnya kepada pimpinan dan sivitas akademika FILKOM UB sudah mau menerima study visit selama satu bulan lamanya.

“Kami berterima kasih atas ilmu yang telah diberikan selama satu bulan ini, selain itu kami juga berterima kasih kepada para dosen pembimbing yang telah memberikan masukan dan pengetahuannya sehingga tesis dan tugas akhir kami terarah dengan baik dan jelas,” terang Joao.

Di akhir kegiatan pelepasan Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. memberikan sambutan sekaligus penutupan. Beliau menyampaikan bahwa studi visit dari mahasiswa Timor Leste ini baru pertamakali dilaksanakan di FILKOM UB. Dari hasil yang positif ini harapannya akan dilanjutkan kembali kerjasama dengan IOB untuk mengirimkan mahasiswanya untuk mengasah kemampuan dan pengetahuannya di FILKOM UB, sehingga kembali ke Timor Leste dengan membawa hasil yang baik untuk perkembangan teknologi disana.

“Terima kasih kepada IOB yang sudah percaya kepada FILKOM UB, semoga kegiatan ini menjadi kesan baik untuk Universitas Brawijaya khususnya di FILKOM sendiri. Harapannya kegiatan study visit ini akan berkelanjutan dan diteruskan oleh adik-adik tingkat dari IOB. Tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa dari jenjang S1 juga akan kami terima,” sambut Prof. Wayan.

Kegiatan ditutup dengan pembagian sertifikat oleh Dekan kepada 11 mahasiswa peserta studi visit dari IOB. Rencananya pada Kamis (06/10/2022) para mahasiswa tersebut akan kembali ke Timor Leste.[drn]