Kerjasama Dengan Epicor Indonesia, FILKOM UB Terima Bantuan Perangkat Lunak Sebesar USD 120.000

Senin (03/10/2022), Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT. Epicor Indonesia dimana merupakan bagian dari Epicor Software Corporation yang berbasis di Texas, Amerika Serikat. Kegiatan kerjasama ini dihadiri Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. serta ditemani Ketua International Relation Office (IRO), Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc dan Kepala Laboratorium Sistem Informasi, Diah Priharsari, S.T., M.T., Ph.D.

Sementara itu, perwakilan dari Epicor Indonesia dihadiri Adhi Firmansyah S.Kom., M.BA selaku Country Manager; Jalal Setiawan, ST selaku South East Asia Business Solution Manager dan Tonny Leonard, ST., M.BA sebagai Epicor Practicioner. Perlu diketahui, kerjasama kali ini FILKOM UB terima bantuan perangkat lunak dari Epicor Indonesia sebesar USD 120.000 (seratus dua puluh ribu US Dollar) dalam rangka pengembangan Laboratorium Sistem Informasi. Selain kerjasama, kegiatan juga diisi dengan kuliah tamu dari Epicor Indonesia. Sebanyak kurang lebih 150 mahasiswa hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium Algoritma ini.

Acara dibuka oleh sambutan dari Prof. Wayan, beliau menyampaikan terima kasih atas kedatangan perwakilan Epicor Indonesia. Harapannya ke depan akan semakin banyak kerjasama yang dapat terjalin sehingga akan menghasilkan hasil yang positif oleh kedua belah pihak.

“Terima kasih untuk kedatangan perwakilan Epicor Indonesia yang pertama kali di FILKOM UB. Kegiatan seperti kuliah yang akan disampaikan oleh praktisi dan tim dari Epicor akan menambah dan memperkaya wawasan mahasiwa, hal ini rutin dilaksanakan di FILKOM. Harapannya para praktisi dapat mengenalkan tools terbaru yang saat ini digunakan di dunia industri sehingga mahasiswa akan selalu update keilmuannya” sambut Prof. Wayan.

Kemudian sambutan dan juga materi kuliah tamu disampaikan oleh perwakilan Epicor, Adhi Firmansyah dimana memberikan apresiasi atas kerjasama ini. Dimana selain membantu pengembangan laboratorium, kegiatan ini juga memperkenalkan Epicor di dunia pendidikan khususnya di universitas-universitas yang ada di Indonesia. Adhi juga menjelaskan profil dari Epicor Indonesia secara lengkap kepada para mahasiswa yang hadir.

“Saat ini Epicor mempunyai beberapa mitra di Indonesia yang menyasar sektor industri pertambangan, farmasi, kimia, otomotif, dan real estate. Mitra-mitra kami juga mempunyai basis pelanggan yang kuat di setiap sektor industri tersebut,” imbuh Adhi.

Adhi juga melanjutkan bahwa Epicor Software Corporation adalah perusahaan global yang menawarkan solusi software bisnis untuk industri manufakturing, distribusi, ritel dan layanan. Epicor Indonesia sendiri berusaha untuk memenuhi permintaan perusahaan manufaktur di Indonesia, terutama dari sektor pertambangan, farmasi, kimia, otomotif, permesinan, logam, dan peralatan barang modal. Adapun produk andalan Epicor adalah solusi ERP (enterprise resource planning) yaitu sistem yang mengotomatiskan dan mengintegrasikan alur kerja pada perusahaan di berbagai bidang. Salah satunya adalah bidang manufaktur. Dengan menerapkan sistem ERP, maka proses produksi hingga distribusi dapat dikelola dengan baik.[drn]