Marketing Strategic oleh Dr. Syaifuddin, ST., MM., CPMA

FILKOM UB kembali menyelenggaran kuliah tamu dalam Program Visiting Professor 3 in 1 untuk Mata Kuliah Kewirausahaan dengan menghadirkan professor dan praktisi dari dalam dan luar negeri. Pada Jumat, 23 September 2022 praktisi yang diundang adalah Dr. Syaifuddin, ST., MM., CPMA selaku Direktur Strategi Bisnis PT Pindad (persero). Dalam kuliah tamu yang diselenggarakan secara daring itu Dr. Syaifuddin menyampaikan materi tentang “Marketing Strategic” khususnya yang diterapkan di PT Pindad (Persero) dalam menuju Top 100 perusahaan pertahanan global. Acara dipandu oleh salah satu dosen FILKOM Tibyani, S.T., M.T. selaku Moderator.

Mengawali pemaparannya Dr. Syaifuddin menyampaikan tentang berbagai dasar dalam marketing management, meliputi pengertian tentang pasar sederhana, konsep perusahaan, proses pemasaran, konsep inti pasar dan pemasaran serta jenis pasar. Beliau menyampaikan bahwa perusahaan berhasil adalah yang memiliki fokus pelanggan yang kuat dan komitmen besar terhadap pemasaran. Sementara itu tujuan pemasaran adalah membangun hubungan pelanggan yang menguntungkan.

“Jadi inti dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai unggul untuk mempertahankan dan menumbuhkan pelanggan yang ada dengan memberikan kepuasan,” jelas Dr. Syaifuddin.

Masuk ke materi inti, Dr. Syaifuddin menyampaikan bahwa pada Marketing Startegy sebelumnya banyak digunakan teori dasar Marketing Mix yang melibatkan 4P, yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Tapi saat ini dirasa perlu dilakukan update karena kondisi sudah banyak berubah sehingga teori yang digunakan bergeser pada 4C, yaitu Consumer, Cost, Communication dan Convenience.

“Kalau 4P itu menggunakan pendekatan dari sisi kita (produsen) bagaimana memikirkan tentang produk, harga, tempat pemasaran dan promosinya. Sementara 4C lebih memikirkan dan menggunakan pendekatan dengan bingkai dari sisi customernya,” jelas Dr. Syaifuddin.

Selain itu beliau juga menjelaskan tentang peran perusahaan dalam pasar sasaran. Ada empat strategi yang biasa digunakan perusahaan dalam melakukan penetrasi ke pasar, meliputi strategi pemimpin pasar, penantang pasar, pengikut pasar dan perelung pasar.

“Contohnya, Pengguna strategi pengikut pasar karakteristiknya menduplikasi, meng-cloning, mengimitasi atau mengadaptasi dari perusahaan pemimpin pasar. Dulu kita melihat imitasi itu sebagai hal yang kecil ya. Tapi sebetulnya itu juga masuk dalam strategi pemasaran. Saya pernah baca Profesor di Cina mengatakan begini Imitation is our Innovation, karena tidak semua orang bisa imitasi. Jangankan inovasi, mencontoh aja kadang kita tidak bisa. Nah Cina menegaskan itu (sebagai strategi pemasarannya) bahwa tidak ada barang yang kami tidak bisa contoh,” jelas Dr. Syaifuddin.

Acara kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dan dokumentasi peserta. Harapannya dengan kuliah tamu ini para mahasiswa FILKOM UB semakin luas wawasannya tentang bagaimana strategi pemasaran yang berkembang saat ini untuk mendukung aktivitas kewirausahaan baik di skala kecil maupun global. Untuk diketahui, kuliah tamu Program Visiting Professor 3 in 1 ini akan dilaksanakan hingga tanggal 22 Oktober 2022, setiap hari Jumat pkl. 08.30 dan Sabtu pkl. 15.00 secara daring melalui zoom meeting dengan link berikut s.ub.ac.id/prof3in1kwu22. Kuliah tamu ini wajib diikuti oleh mahasiswa FILKOM yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan, tapi juga terbuka bagi mahasiswa yang berminat. [dna/drn]