Antusiasme Mahasiswa Baru Ikuti Krida Mahasiswa Pasca Pandemi

Sabtu (24/09/2022) Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. resmi membuka kegiatan Bootcamp Prestasi Krida Mahasiswa Baru (Maba). Krida ini merupakan sebuah ajang untuk menelusuri dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa baru serta merupakan rangkaian kegiatan dari PKKMB 2022. Dalam pembukaan Krida ini turut hadir pula Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa, Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom.

Dalam sambutannya Prof. Wayan menyampaikan harapannya melalui Krida Mahasiswa (Krima) ini para mahasiswa baru dapat merubah perbuatan/tindakanagar dapat menjadi lebih baik dari yang sebelumnya serta merubah pola pikir agar lebih dewasa.

“Karena sekarang sudah menjadi mahasiswa, bukan lagi siswa, tentu saja pola pikir/cara berfikir dan mind set harus lebih dewasa. Selain itu melalui krima ini diharapkan akan menemukan minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa baru FILKOM UB,” terang Prof. Wayan.

Kegiatan krida mahasiswa tahun ini diikuti lebih kurang 900 mahasiswa dari berbagai prodi yang ada di FILKOM UB dan diselenggarakan secara luring. KRIMA merupakan kegiatan mahasiswa yang dikordinir oleh Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) di masing-masing fakultas setiap hari Sabtu selama dalam satu semester pasca Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) TA. 2022/2023. KRIMA diadakan dengan kegiatan-kegiatan yang mencakup unsur kerohanian, intelektualitas, entrepreneurship, leadership, dan nasionalisme. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh FILKOM UB adalah meningkatkan soft skill dalam meningkatkan kreatifitas dalam  Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) di bidang yang mereka minati nantinya.

Selanjutnya sambutan disampaikan juga oleh Arif Rahman. Beliau menyampaikan Krida merupakan wadah untuk mengetahui dan meningkatkan potensi yang dimiliki dengan mengetahui salah satu minat bakat mahasiswa baru.

“Manfaatkan semua fasilitas yang disediakan untuk maksimalkan potensi, mengasah soft skill serta minta dan bakat. Asah kemampuan bekerjasama, komunikasi dan maksimalkan potesi agar saat lulus bisa menjadi lulusan yang berkompeten dan berkualitas,” jelas Arif Rahman.

Dengan diadakanya Krida ini diharapkan dapat menjadi modal serta acuan oleh mahasiswa baru FILKOM UB untuk mengetahui dan meningkatkan potensi yang Ia miliki dengan mengikuti salah satu kelas minat bakat yang dipilih. Arif Rahman juga menambahkan, pentingnya meraih prestasi di bidang penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa FILKOM UB yang harus mampu bersaing dengan mahasiswa dari fakultas lain bahkan Universitas lain dalam bidang penulisan karya ilmiah untuk kemajuan fakultas maupun universitas dimasa mendatang.[drn]