FILKOM UB Gandeng BEM Demi Cegah Dan Tangani Kekerasan Seksual Serta Perundungan Di Lingkungan Kampus

Melalui kegiatan Dewa Ngoding (Dekanat – Mahasiswa Ngobrol dan Diskusi Penting) pada Kamis (22/9/2022) di Gedung Kreativitas Mahasiswa (GKM FILKOM UB), Pimpinan Dekanat (Dekan dan Wakil Dekan) melaksanakan diskusi bersama BEM Fakultas Ilmu Komputer. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri Ketua Unit Konseling, Pengembangan Karir, Layanan Terpadu Kekerasan Seksual dan Perundungan (ULTKSP), Edy Santoso, S.Si., M.Kom. Dari pihak BEM turut hadir Presiden BEM, Dandy Ramadhany dan Wakil Presiden BEM, M. Ibrahim Kumail serta beberapa anggota Kabinet BEM FILKOM.

Perlu diketahui sebelumnya Dewa Ngoding merupakan salah satu program kerja dari Kementerian Advokesma BEM Fakultas Ilmu Komputer sebagai wadah bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer untuk mendapatkan informasi dan solusi mengenai permasalahan yang sering mereka temui dalam kehidupan di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer karena Minimnya pengetahuan dan informasi mahasiswa mengenai solusi dari permasalahan yang mereka temui.

Diskusi kali ini membahas mengenai permasalah kekerasan seksual dan perundungan di lingkungan FILKOM UB. Mangawali acara sambutan disampaikan oleh Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D.

“Di Fakultas kita sudah memiliki unit khusus untuk menangani permasalahan ini (kekerasan seksual dan perundungan) yaitu unit ULTKSP. Tujuannya dengan danya unit ini adalah untuk memberikan memberikan kenyamanan terhadap mahasiswa yang memiliki masalah tersebut dan menyampaikan keluh kesahnya kepada fakultas, sehingga fakultas dapat memberikan pendampingan,”terang Prof. Wayan.

Selanjutnya Edy Santoso selaku Ketua ULTKSP menjelaskan bahwa di Universitas Brawijaya sudah terdapat 14 fakultas yang memiliki atau membuka Unit Layanan Terpadu Kekerasan Seksual dan Perundungan untuk melayani para mahasiswa yang mengalami permasalahan tersebut. Unit ini didirikan untuk mendukung Peraturan Rektor Nomor 70 tahun 2020 yang melindungi seluruh sivitas akademika dari tindak kekerasan seksual dan perundungan.

Dengan diadakannya Dewa Ngoding 2022 kali ini diharapkan akan meningkatkan pengetahuan dan informasi mahasiswa jika menemui suatu permasalahan khususnya dalam kekerasan seksual dan perundungan selama berada di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer. Diharapkan BEM FILKOM juga dapat menjadi jembatan penghubung mahasiswa kepada fakultas, sehingga pihak fakultas juga dapat banyak mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswanya dan fakultas dapat menjadi pendamping dan memberikan solusi sampai masalah tersebut terselesaikan.[drn]