Asesmen Lapangan Daring Akreditasi Program Studi Teknik Komputer

Asesmen Lapangan Daring Akreditasi Program Studi Teknik Komputer

 

Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada tahun 2022 ini mengajukan Akreditasi Program Studi pada Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tahap visitasi (asesmen lapangan) oleh Asesor BAN-PT telah dilakukan pada tanggal 7-8 September 2022 secara daring.

Para asesor melakukan proses asesmen lapangan (AL) secara daring dilakukan berdasarkan surat tugas dari BAN-PT dengan tetap menerapkan standar asesmen yang telah ditentukan. Tim akreditasi dari Program Studi Teknik Komputer beserta tenaga kependidikan FILKOM UB yang menyediakan semua dokumen terkait telah menyiapkan diri untuk melaksanakan proses asesmen lapangan secara daring ini.

Kegiatan berlangsung melalui aplikasi zoom meeting dimana para asesor melakukan asesmen dari tempatnya masing-masing sedangkan Tim dari Program Studi Teknik Komputer bersama-sama menerima visitasi secara daring ini dari Auditorium Algoritma FILKOM UB.

Asesor yang ditugaskan melakukan asesmen lapangan adalah Prof. Drs. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D. dan Dr. Yani Nurhadryani, M.T. Kedua asesor mempunyai latar belakang akademis bidang IT, yaitu Prof. Drs. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D. yang berasal dari Universitas Indonesia (UI) sedangkan Dr. Yani Nurhadryani, M.T. berasal dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Dengan latar belakang tersebut para asesor dengan sangat detil mengupas dokumen akreditasi yang telah disiapkan oleh Prodi terutama terkait bidang akademik.

Kegiatan Hari pertama asesmen lapangan dimulai dengan pembukaan berisi sambutan dari Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., PhD. Med.Sc. kemudian Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. dilanjutkan dengan sesi bersama Pimpinan Unit Pengelola Program Studi, Mitra, mahasiswa dan pengguna lulusan.

Hari kedua asesmen lapangan direncanakan akan diisi dengan tur kampus, wawancara dengan dosen dan tenaga kependidikan. Selanjutnya asesor melakukan kerja mandiri untuk merangkum keterangan hasil verifikasi dari semua pihak dan memberikan feedback atas seluruh rangkaian asesmen selama 2 hari tersebut.[drn]