Keamanan Jaringan oleh Prof. Koutaro Suzuki

Program Studi Teknologi Informasi (Prodi TI) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan Visiting Professor 3in1 dengan tema Keamanan Jaringan pada Kamis (11/8/2022) secara daring melalui Zoom. Profesor yang akan memberikan materi kali ini yaitu, Prof. Koutaro Suzuki, Ph.D yang berasal dari Department of Computer Science and Engineering, Toyohashi University of Technology, Jepang. Prof Koutaro dalam kesempatan ini memberikan materi mengenai Introduction to Public Key Cryptography dengan dipandu Adam Hendra Brata., S.Kom., M.T., M.Sc. sebagai moderator.

Kegiatan Visiting Professor dan kuliah tamu kali ini juga dihadiri oleh Ketua Departemen Sistem Informasi, Issa Arwani, S.Kom., M.Sc., para dosen dari Departemen Sistem Informasi dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini.

Jadwal dari Prof. Koutaro di FILKOM yaitu menyampaikan mengenai Lectures about basics of Cryptology di hari Kamis (11/8/2022); Introduction and Mathematical Preliminary di hari Jum’at (12/8/2022) dan Public Key Encryption pada hari Jum’at (19/8/2022). Mengawali acara Prof. Koutaro menjelaskan mengenai pengertian dari cryptology.

“Criptology is theoretical basis of information security based on mathematics and computer science. Beside that, consists of public key crypto and asymmetric key crypto.” Terang prof. Koutaro.

Prof. Koutaro juga menjelaskan bahwa Private key dan public key merupakan dari public key cryptography, yaitu suatu persandian yang dirancang agar pesan dapat dikirim dan sampai di penerima dengan aman tanpa ada seorang yang bisa membaca pesan tersebut. Enkripsi kunci publik, atau kriptografi kunci publik, adalah metode mengenkripsi data dengan dua kunci berbeda dan membuat salah satu kunci, kunci publik, tersedia bagi siapa saja untuk digunakan. [drn]