FILKOM UB Targetkan Peroleh Akreditasi Internasional AQAS Untuk Seluruh Program Studi

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menargetkan semua Program Studi yang dimiliki untuk mendapatkan pengakuan akreditasi secara internasional pada tahun ini. Program studi yang diusulkan untuk mendapatkan akreditasi internasional dari Agentur Fur Qualitatssicherung Durch Akkreditierung Von Studiengangen E.V (AQAS) yaitu Prodi Teknik Informatika, Prodi Teknik Komputer, Prodi Magister Ilmu Komputer, Prodi Sistem Informasi, Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan Prodi Teknologi Informasi.

Demi mendapatakan hasil yang matang tim AQAS FILKOM UB telah mempersiapkan dokumen dan bukti dukung mulai dari tahun lalu, selain itu pada Jum’at (12/8/2022) juga melakukan gladi persiapan visitasi oleh asesor eksternal di Ruang Auditorium Algoritma Gedung G FILKOM. Dalam kegiatan ini turut hadir Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT; Ketua Tim AQAS FILKOM, Muhammad Tanzil Furqon, S.Kom., M.Cs. dan seluruh anggota Tim AQAS FILKOM UB.

Selain itu demi membimbing dan melakukan simulasi FILKOM UB mengundang Fatimah, S.Pd., M.Appl.Ling dan Fredy Nugroho Setiawan, S.S., M.Hum yang keduanya berasal dari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya (FIB UB) sebagai interpreter serta pembawa acara ketika visitasi dilaksanakan (22-26 Agustus 2022).

Mengawali acara Herman Tolle menyampaikan bahwa dengan  akreditasi internasional, FILKOM UB dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada baik kepada mahasiswa serta stake holder terkait.

“Pelaksanaan akreditasi internasional ini merupakan upaya FILKOM UB dalam mewujudkan kebijakan Kemendikbud terkait MBKM. Dimana salah satu Indikatornya adalah akreditasi Internasional sehingga FILKOM UB berkeinginan mendapatkan pengakuat di tingkat Internasional.” terang Herman.

Perlu diketahui yang menjadi Asesor atau yang melaksanakan asesmen pada prodi di FILKOM UB  yaitu Prof. Dr. Zhen Dai dari Hamburg University of Applied Sciences (HAW Hamburg, Jerman); Prof. Dr. Gabriele Kunau dari Fachhochschule Dortmund University of Applied Sciences and Arts, Jerman; Prof. Dr. Marco Platzner dari Paderborn University, Jerman; Barata Antarikas dari TVET School, Bekasi; dan Jessica Ziegler dari University of Postdam, Jerman.

Semoga dengan Akreditasi Internasional ini nantinya dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas Program Studi di FILKOM UB agar dapat menciptakan generasi emas yang dapat ikut serta dalam membangun Indonesia yang lebih baik.[drn]