Penyampaian Hasil Aktivitas Mahasiswa Peserta KKN Desa Sumbermanjing Wetan dan Harjokuncaran

Pada Sabtu, 6 Agustus 2022 para mahasiswa FILKOM UB peserta KKN 2022 di desa Sumbermanjing Wetan (Sumawe) dan Harjokuncaran melakukan presentasi penyampaian hasil aktivitas KKNnya kepada Camat dan Sekretaris Camat Sumbermanjing Wetan, Wakil Dekan I, Ketua Pelaksana dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 2022 FILKOM UB. Bertempat di kantor Kecamatan Sumbermanjing Wetan, acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan I bidang Akademik FILKOM UB dan Sujarwo Adiwijayanto selaku Camat Sumbermanjing Wetan.

Dalam sambutannya Herman menyampaikan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk memantau peserta KKN sekaligus berpamitan kepada segenap perangkat desa dan masyarakat setempat. Beliau juga berterima kasih atas kerjasama dan kesediaannya untuk terlibat membantu mahasiswa FILKOM menjalankan aktivitas KKNnya.

“Harapan kami kerjasama ini tidak selesai sampai di sini saja, tapi bisa dilanjutkan dalam bentuk kerjasama lainnya untuk pengembangan Kabupaten Malang. Misalkan bisa dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat maupun kegiatan lain,” ujar Herman Tolle.

Sementara itu dalam sambutannya Camat Sujarwo menyampaikan terima kasih karena telah menjadikan desa – desa di Kecamatannya sebagai tujuan lokasi KKN. Harapannya kegiatan peserta KKN bisa memberikan manfaat bagi warga Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Beliau juga berpesan jika ada fakultas lain di Universitas Brawijaya yang ingin bekerjasama, Kecamatan Sumbermanjing Wetan dengan terbuka bersedia menerima, agar ilmu-ilmu baru dapat tersampaikan ke kecataman dan desa.

“Memang pengetahuan tentang ilmu komputer yang uptodate itu perlu, sehingga seluruh elemen desa bisa upgrade kemampuannya. Selama ini umumnya mahasiswa yang lulus studi di kota tidak kembali ke desa. Jadi mohon dipikirkan kembali, semoga kedepannya pemuda pemudi ini bisa kembali ke desa sehingga desa dapat berkembang dan memiliki SDM yang maju,” jelas Camat Sujarwo.

Pada acara utama, ada perwakilan kelompok mahasiswa peserta KKN dari desa Sumbermanjing Wetan dan desa Harjokuncaran yang mempresentasikan hasil aktivitas KKNnya. Dalam presentasinya kelompok KKN desa Harjokuncaran diwakili oleh Fauzan Ghozi Mubarak selaku Koordinator Desa. Fauzan menyampaikan bahwa dirinya dan tim melakukan tiga macam aktivitas selama KKN, terdiri atas dua aktivitas utama dan satu aktivitas tambahan. Dua aktivitas utama yang dilakukan yaitu membantu UMKM dalam pembuatan packaging produk biji kopi produksi khas daerah setempat dan pembuatan peta digital. Kedua aktivitas utama telah terlaksana 95% sampai dengan akhir minggu ketiga KKN. Sementara itu aktivitas tambahannya adalah mengajar di RA Mifta Ulum dan MI Mifta Ulum. Di RA Mifta Ulum para mahasiswa mengajar tentang anggota tubuh, hewan dan tumbuhan. Sedangkan di MI Mifta Ulum para mahasiswa mengajarkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Sementara itu dari kelompok KKN Sumbermanjing Wetan, presentasi hasil aktivitas disampaikan oleh Winy Ainia selaku Wakil Koordinator Desa. Adapun aktivitas yang telah mereka lakukan meliputi pemberian pelatihan digital office kepada perangkat desa dan pembuatan content media promosi Puncak Sumawe. Pelatihan digital office dilakukan selama tiga hari, meliputi materi tentang Word, Excel dan Google Workspace (seperti GDrive, GForm, GSpreadsheet). Untuk pembuatan konten promosi dibuat dalam bentuk video TikTok, banner Puncak Sumawe menggunakan lampu tumbler dan pembuatan papan petunjuk.

“Selain itu sebagai aktivitas tambahannya kami juga mengajar TIK untuk siswa-siswi SD kelas 1, 2 dan 3,” jelas Winy. [dna]