Tim Dosen FILKOM UB Ciptakan Virtual Tour SD Islam Surya Buana dan SD Islam Terpadu Ahmad Yani Malang

Jum’at (29/7/2022) secara resmi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melaksanakan proses serah terima virtual tour sekolah SD Islam Surya buana dan SD Islam Terpadu Ahmad Yani, Kota Malang. Kegiatan serah terima dilaksanakan di Ruang Rapat Departemen Gedung F FILKOM UB. Kegiatan pembuatan virtual tour ini termasuk dalam kegiatan pengabdian masyarakat, dengan tim dari dosen FILKOM UB yang beranggotakan dari Indriati, S.T.,M.Kom, Randy Cahya Wihandika S,ST., M.Kom, Putra Pandu Adikara, S.Kom., M.Kom serta dibantu dua mahasiswa yaitu Ainun Rizki Abdullah (Pendidikan Teknologi Informasi, 2019) dan Gayus Reinaldy Manere Sulli Danan (Pendidikan Teknologi Informasi, 2019).

Dalam kegiatan ini juga turut hadir perwakilan dari SDI Surya Buana yaitu Tahyata Inas Syah, S.Pd. selaku Waka Kesiswaan dan dari SDIT Ahmad Yani yaitu Nurdiah Rachmawati, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Sekolah. Pengabdian yang sudah dimulai sejak bulan April 2022 mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah terkait dengan kegiatan yang dimulai dari survei lokasi sekolah dan perencanaan pembuatan isi virtual tour dari pengambilan gambar hingga pengisian narasi.

Indriati selaku ketua tim dari FILKOM UB menjelaskan bahwa SDI Surya Buana dan SDIT Ahmad Yani sebagai sekolah swasta di Malang harus mempunyai sarana promosi digital sekolah yang bagus untuk menarik peminat calon siswa dan orang tua .

“Virtual tour adalah simulasi dari lokasi yang ada, biasanya terdiri dari urutan video atau gambar diam. Hal ini juga dapat menggunakan unsur-unsur multimedia lainnya seperti efek suara, musik, narasi, dan teks,”jelas Indriati.

Indirati juga menjelaskan tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mengembangkan sebuah teknologi baru yang akan membawa sekolah kepada target market yang potensial sehingga mereka akan memilih sekolah tersebut sebagai pilihan terbaik karena telah memiliki teknologi terkini dalam bidang virtual tour sekolah yang dapat diakses dan dinikmati tanpa ada halangan.

“Selama ini promosi masih dilakukan lewat pembuatan pamflet, web sekolah maupun media sosial saja. Sehingga perlu ada sedikit usaha lebih agar menarik minat dari orang tua calon siswa dengan memberikan info lengkap seperti virtual tour ini,” terang Indirati.

Indriati menambahkan, bahwa era virtual 360 sebagai upaya sekolah untuk tetap dapat mendekat dan mengenalkan sekolah kepada masyarakat luas serta memberikan mereka pemahaman dari setiap keunggulan dan prestasi yang dimiliki oleh sekolah sebagai nilai jual sekolah agar semakin meyakinkan dan terpercaya. Virtual tour juga dapat menunjukkan kepada calon siswa dan wali murid seperti apa yang mereka harapkan dari pengalaman mereka dan membiasakan diri dengan menavigasi ruangan serta fasilitas yang di miliki oleh sekolah dalam rangka menunjukkan nilai lebih dari keberadaan sekolah itu sendiri.[drn]

Untuk dapat melihat virtual tour dari kedua sekolah tersebut dapat melalui link dibawah:

SD Islam Surya Buana Malang : https://surbu.netlify.app/

SD Islam Terpadu Ahmad Yani Malang : https://sitaya.netlify.app/