Kelompok 17 KKN Tematik FILKOM UB Bantu Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo

Kelompok 17 KKN Tematik FILKOM UB Bantu Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo

Sejumlah 15 mahasiswa dari Kelompok 17 KKN Tematik Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) dengan diketuai oleh Mohammad Herdian Bayu Pratama (Teknologi Informasi, 2020) berkontribusi dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarkan di Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo. Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Selasa (26/7/2022) dan Rabu (27/7/2022). Untuk dosen pembimbing lapangan (DPL) dari kelompok 17 ini yaitu Dr. Kariyoto, S.E., Ak., M.M.

Kegiatan vaksin yang dilaksanakan di rumah pribadi Ahmad Muslimin selaku Kepala Desa Wringinanom ini merupakan bentuk kerjasama dari puskesmas dengan pemerintah desa dengan menggunakan dua macam vaksin yaitu Sinovac dan Astra Zeneca.

Target vaksinasi adalah warga Desa Wringinanom yang meliputi pemuda dan manula, tetapi pendaftar vaksinasi di dominasi oleh manula karena banyak yang belum divaksinasi sebelumnya. Selain dari warga Desa Wringinanom kegiatan vaksin ini juga menyasar masyarakat lain di luar dan sekitar Desa Wringinanom. Terdapat perangkat desa yang berpartisipasi yaitu Kepala Desa Wringinanom dan juga Kepala Dusun Simpar.

Herdian Bayu selaku ketua kelompok 17 menjelaskan bahwa jobdesk dari peserta KKN yaitu membantu untuk mendata warga yang akan mendaftar vaksin. Warga diwajibkan untuk membawa fotocopy KK atau KTP. Peserta KKN akan menuliskan data warga berupa nama, keterangan terakhir vaksinasi (berupa dosis terakhir vaksinasi), dan alamat pada buku daftar hadir.

“Peserta KKN juga mendata warga yang telah tervaksinasi. Warga yang telah tervaksinasi akan dituliskan dalam buku daftar tervaksinasi. Data yang dituliskan dalam buku daftar tervaksinasi yaitu nama, keterangan setelah vaksinasi atau dosis setelah divaksinasi, dan alamat,”terang Herdian.

Herdian juga berharap setelah diselenggarakan kegiatan vaksinasi ini maka akan semakin terkendalinya penyebaran virus Covid-19 dan menumbuhkan imunitas di masing-masing orang, dengan adanya imunitas dari virus Covid-19 maka akan memberikan dampak langsung pada ekonomi dan juga diharapkan UMKM dapat segera bangkit.

Sementara itu, Ahmad Muslimin sebagai Kepala Desa Wringinanom mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan vaksinasi termasuk kepada Kelompok KKN Tematik dari FILKOM UB. Meskipun telah divaksinasi, Muslimin berharap kepada masyarakat Wringinanom agar tetap menjaga kesehatan dan senantiasa menaati protokol kesehatan sebagai senjata utama melawan Covid-19.[drn]