Sosialisasi Penggunaan Sumber Daya Komputasi GPU Oleh Laboratorium Komputasi Cerdas

Laboratorium Komputasi Cerdas, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan Sumber Daya Komputasi GPU, Jumat (29/7/2022) secara daring melalui Zoom. Kegiatan sosialisasi ini diisi oleh Rizal Setya Perdana, S.Kom., M.Kom., Ph.D. sebagai pemateri.

Rizal menyampaikan bahwa Laboratorium Komputasi Cerdas telah menyiapkan beberapa platform yang pertama Git yaitu repositori kode program dan dataset yang sudah ada di FILKOM sehingga dapat leluasa dalam mengatur dan custom data yang ada. Kedua Jupyter, yaitu platform komputasi interaktif seperti google collabs yang digunakan oleh kebanyakan mahasiswa FILKOM. Ketiga Streamlit, yaitu platform demonstrasi hasil riset yang digunakan untuk mengarsip dengan rapi hasil riset yang telah dilakukan oleh dosen. Keempat SSH, yaitu remote access shell yang membutuhkan skill dan kelebihan khusus dalam pengoperasian program seperti Linux Operating System.

“Manfaat dari Git Repositori adalah mengontrol versi kode program dengan tidak menghilangkan progress yang sudah ada dan sangat berguna ketiga membuat kode program yang sifatnya berkelanjutan. Selain itu juga dapat mengetahui perubahan kode seperti progress bimbingan mahasiswa dan dapat mendeteksi plagiasi fitur program.” Terang Rizal.

Git Repositori Laboratorium Komputasi Cerdas berisi beberapa artifak penelitian dosen dan mahasiswa FILKOM berupa kode program, dataset, dan model yang telah dilatih. Untuk memanfaatkan Git repositori ini diperlukan proses pendaftaran (sign up) yang wajib menggunakan email yang berafiliasi Universitas Brawijaya (ub.ac.id)

Kegiatan sosialisasi ini juga dilakukan demonstrasi oleh Rizal untuk menggunakan platform yang telah tersedia di Laboratorium Komputasi Cerdas seperti Git, Jupyter, Stramlit dan SSH sehingga dosen yang hadir pada kegiatan ini dapat lebih memahami penggunaan dari platform yang digunakan. Selain itu juga dibuka sesi tanya jawab sehingga kegiatan ini berjalan lebih interaktif.[drn]