Pembukaan Bootcamp Penulisan dan Workshop Penyusunan Skripsi Prodi Teknik Informatika

Prodi Teknik Informatika (Prodi TIF), Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawiajaya (FILKOM UB) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Skripsi serta Pembukaan Bootcamp Penulisan Skripsi bagi mahasiswa Angkatan 2015 dan 2016, Selasa (2/8/2022) secara luring di Auditorium Algoritma FILKOM UB. Kegiatan ini dihadiri Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D; Ketua Departemen Teknik Informatika (DTIF), Achmad Basuki, S.T., MMG., Ph.D; Ketua Prodi TIF, Adhitya Bhawiyuga, S.Kom., M.Sc. dan para dosen pembimbing di Prodi TIF.

Achmad Basuki menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi atau pengetahuan serta melatih dan mengembangkan kemampuan mahasiswa calon sarjana di Prodi TIF khususnya dalam menulis skripsi serta dapat menyelesaikan dengan tepat waktu.

“Dengana adanya bootcamp serta workshop ini bertujuan memberikan wawasan dan pemahaman bagi mahasiswa tingkat akhir prodi Teknik Informatika tentang memilih tema, menentukan objek penelititan, cara penulisan dan prosedur dari penulisan skripsi. Diharapkan dari kegiatan bootcamp ini, mahasiswa dapat menyelesaikan skripsi dengan baik dan tepat waktu.” jelas Achmad Basuki

Selanjutnya pembukaan kegiatan Bootcamp Penulisan dan Workshop Penyusunan Skripsi secara simbolis dilakukan oleh Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. Beliau juga memberikan wejangan pada para mahasiswa yang hadir secara langsung, bahwa dalam menyusun skripsi sebaiknya mahasiswa menghilangkan rasa takut akan gagal, rasa takut akan salah atau skripsi yang tidak berbobot. Sebisa mungkin untuk mengerjakan skripsi semampunya dan konsisten, nantinya akan ada dosen pembimbing yang akan membantu memberikan solusi jika terdapat kesalahan.

“Hilangkan rasa takut salah dalam memulai mengerjakan skripsi, nantinya jika ada kesalahan akan ada dosen pembimbing yang membantu karena itulah tugas dari dosen pembimbing. Jika sudah mendapatkan revisi dari dosen pembimbing segeralah untuk mengerjakan revisinya dan rutin untuk berkonsultasi, insyaallah kalian akan lulus dengan tepat waktu,” terang Prof. Wayan.

Selanjutnya materi mengenai bootcamp diterangkan oleh Ketua Prodi TIF, Adhitya Bhawiyuga, S.Kom., M.Sc. Kegiatan bootcamp ini nantinya akan dilaksanakan secara luring dan terbagi menjadi dua, yaitu bootcamp proposal skripsi yang akan dilakasanakan 2 -31 Agustus 2022 dan bootcamp pengerjaan skripsi pada 1 September 2022 sampaidengan 30 Oktober 2022. Selain itu Prodi TIF pada bulan Juli lalu, juga telah melakukan pemetaan untuk menunjuk beberapa dosen menjadi calon dosen pembimbing.

FILKOM UB juga telah menyediakan beberapa ruangan untuk mahasiswa mengerjakan skripsinya sesuai dengan kesamaan stream dimana jadwalnya pada hari Senin sampai Jum’at dari pukul 09.00 – 15.00 WIB dan akan ada presensi di pagi serta sore harinya. Dalam bootcamp nantinya juga akan ada dosen pendamping yang bertugas disetiap ruangan sehingga mahasiswa juga dapat berkonsultasi ke dosen pendamping selain berkonsultasi ke dosen pembimbing.[drn]