72 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi Alih Program (SAP) Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023

72 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi Alih Program (SAP) Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023

Calon mahasiswa lulusan vokasi/D3 yang ingin melanjutkan kuliah di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) masih meiliki kesempatan. Sebab, FILKOM UB membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur Seleksi Alih Program (SAP) dari jenjang D3 ke S1 pada Semester Ganjil, Tahun Akademik 2022/2023. Proses pelaksanaan ujian melalui ujian CBT (Computer Based Test) dilaksanakan Senin (1/8/2022).

Ujian kali ini dilaksanakan secara langsung atau luring di ruang Laboratoriun Gedung G FILKOM UB dengan menggunakan 4 kelas yang diisi oleh pengawas dan teknisi di masing-masing kelas. Sejumlah 72 mahasiswa lulusan vokasi atau D3 yang terdaftar mengikuti ujian ini. Tidak lupa juga, Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. hadir untuk memantau proses pelaksanaan ujian penerimaan calon mahasiswa baru jalur Seleksi Alih Program (SAP) tahun ini.

“Tahun ini, total peserta yang terdaftar mengikuti ujian sejumlah 72 mahasiswa. Sebetulnya total jumlah keseluruhan 76 mahasiswa tapi 4 orang dinyatakan gugur dikarenakan belum menyelesaikan proses administrasi.” Jelas Denny Sagita Rusdianto, S.Kom., M.Kom. selaku Ketua Pelaksana Penerimaan Mahasiswa SAP FILKOM UB.

Tes ujian CBT ini diselenggarakan dalam satu hari secara dua sesi yaitu sesi pagi untuk psikotes serta kemampuan akademik dan sesi siang untuk tes kemampuan dasar. Selain itu dalam tahun ini juga terdapat 3 mahasiswa difabel yang mengikuti proses ujian, dengan didampingi pendamping dari PLD UB di awal pengarahan, dan secara mandiri mengerjakan ujian sampai akhir dibantu dengan pengawas dan teknisi yang ada di ruang ujian.

Denny melanjutkan dari 72 peserta tersebut sebagian besar mendaftar di prodi Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Teknologi Informasi. Sedangkan untuk kriteria penerimaan pada tahun ini Denny menjelaskan, tidak hanya dilihat dari nilai ujian saja, akan tetapi terdapat filter dan penilaian tersendiri dari Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik yang dilihat dari profil mahasiswa seperti riwayat skripsi, masa studi sebelumnya seberapa lama, dan kacakapan dalam Bahasa Inggris. Harapannya dengan proses filter dengan menggunakan nilai ujian dan riwayat pendidikan sebelumnya yaitu mendapatkan calon mahasiswa yang berkompetan dan mampu dalam menyelesaikan studi yang telah ditentukan oleh FILKOM UB.[drn]