700 Lebih Mahasiswa FILKOM UB Hadir Ikuti Pembekalan KKN Hari Pertama

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menyelenggarakan kegiatan Pembekalan KKN Tahun 2022 yang dilaksanakan pada hari Senin (27/6/2022) sampai dengan Kamis (30/6/2022) secara luring di Gedung Auditorium Algoritma FILKOM. Pada hari pertama ini, materi disampaikan oleh Wakil Dekan bidang Akademik yaitu Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT. yang menjelaskan Aspek akademik dalam pelaksanaan KKN dan dari Ketua Kegiatan KKN 2022, Ir. Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, S.Kom., M.Kom. yang menjelaskan program KKN secara umum. Sejumlah 701 mahasiswa yang terdaftar mengikuti KKN 2022 hadir memenuhi Gedung Auditorium Algoritma.

Menurut Herman, menempuh kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menjadi kewajiban bagi setiap mahasiswa yang ingin lulus kuliah. Sebelum melaksanakan kegiatan ini, mahasiswa perlu mengikuti pembekalan KKN. Kegiatan pembekalan ini juga wajib sifatnya bagi semua mahasiswa yang akan terjung langsung ke lokasi KKN.

“Lewat kegiatan pembekalan ini mahasiswa akan memahami apa saja yang akan diselenggarakan selama KKN. Materi yang diberikan lengkap mulai dari persiapan mahasiswa menuju lokasi KKN hingga pembuatan laporan akhir. Pengisi materi akan menjelaskan secara rinci apa saja kegiatan yang akan dilalui selama KKN berlangsung,” terang Herman

Herman juga menambahkan, nantinya mahasiswa akan terbagi dalam beberapa kelompok dan dibimbing langsung oleh dosen pembimbing yang ditugaskan oleh Dekan. Selain itu melalui kegiatan KKN ini nantinya akan mengembangkan dan meningkatkan rasa empati dalam diri mahasiswa dan rasa kepedulian kepada masyarakat khususnya masyarakat yang ada di desa.

“Dengan tema IT for Better Life, tujuan dari program KKN FILKOM 2022 yaitu mendukung transformasi digital pemerintahan desa, memajukan pendidikan, pemberdayaan ekonomi dan meningkatkan pariwisata serta potensi dari suatu desa,” tambah Herman.

Selanjutnya Widhy menyampaikan bahwa program pembekalan ini akan menjadi kesempatan untuk memberikan motivasi bagi para mahasiswa sebelum menjalani KKN. KKN merupakan salah satu kegiatan kampus yang cukup panjang dan letak pelaksanaanya yang diluar kampus. Sehingga dibutuhkan semangat dan kerja keras agar mahasiswa bisa menjalaninya dengan baik.

Program-program pengabdian yang nantinya akan dijalankan oleh mahasiswa kepada desa salah satu contohnya seperti memberikan pelatihan dalam penggunaan media sosial, pembuatan peta digital, pembuatan website dan video profil desa, pemasaran produk atau potensi desa, pembangunan sistem kependudukan dan masih banyak lainnya.

Selain itu Widhy juga menyampaikan penjelasan mengenai pelaksanaan KKN mulai dari waktu pelaksanaan sampaidengan prosedur teknis di lapangan nantinya. Perlunya pembekalan KKN agar program KKN FILKOM tahun ini dapat berjalan lancar dan terarah. Menurutnya masih banyak wilayah di Kabupaten Malang khususnya daerah Malang Selatan yang perlu dibantu dan dibangun bersama oleh mahasiswa, pemerintah dan masyarakat desa.[drn]

File unduhan:

  1. Materi 1: Penjelasan Umum KKN 2022
  2. Materi 2: Sosialisasi Teknis KKN