Laboratorium Jaringan Berbasis Informasi Terima Mahasiswa Research Scholar dari IIT Hyderabad

Laboratorium Riset Jaringan Berbasis Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) saat ini kedatangan Harish Sankar Aghila, salah satu mahasiswa Research Scholar (PhD) dari Indian Institute of Technology Hyderabad (IIT Hyderabad). Dijelaskan Kasyful Amron selaku Ketua Lab. Riset Jaringan bahwa hal ini merupakan tindak lanjut dari proyek yang diinisiasi oleh pemerintah India, ASEAN India Science and Technology Development Fund (Research Project CRD/2020/000347) dengan judul “Building a Scalable and Secure IoT-based Healthcare Network using MUD”. Proyek ini diketuai oleh Dr. Praveen Aravind Babu Tammana dari IIT Hyderabad yang berkolaborasi dengan peneliti dari Universiti Sains Malaysia (USM) dan Universitas Brawijaya (UB). Dari USM diketuai oleh Prof. Selvakumar Manickam dengan anggota Ms. Yung Wey Chong. Sementara dari UB diketuai oleh Dr. Achmad Basuki (Ka. Dept. Teknik Informatika FILKOM) dengan anggota Dr. Syifa Mustika (Fakultas Kedokteran).

Haris rencananya akan berada di Lab. Riset Jaringan selama kurang lebih satu bulan, yaitu sejak 19 Juni hingga 14 Juli 2022. Selama itu Haris akan melakukan network technology transfer pada dosen dan mahasiswa FILKOM khususnya dalam bidang Software Defined Network (SDN), Internet of Thing (IoT) dan Wireless Sensor Networks (WSN). Harapannya dari kegiatan ini akan mendorong akselerasi ide-ide pengembangan penelitian yang lebih implementatif serta meningkatkan penerapan teknologi di FILKOM. (dna)

Haris bersama Kepala Dept. Teknik Informatika, Ketua Lab. Riset Jaringan dan Gabriel Evan (Mahasiswa S1 FILKOM, Anggota Lab. Riset Jaringan)