Tim ATOM ROBOTIIK FILKOM UB Goes To Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional Tahun 2022

Lolos dari seleksi wilayah, tim ATOM akan maju ke kompetisi nasional mewakili Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) di Kontes Robot Sepak Bola Indonesia – Humanoid (KRSBI-H) 2015 yang diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada 29 Juni sampai 3 Juli 2022.

Pada tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember menjadi tuan rumah KRI bersama dengan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Pusprenas Kemendikbud Ristek). KRI 2022 dilaksanakan secara bertahap dimulai dari Kontes Tingkat Wilayah yang terdiri dari Wilayah I dan Wilayah II.

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kompetisi tahunan dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. KRI dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. KRI diselenggarakan sebagai ajang mencari talenta-talenta dalam bidang robotika.

Tahun 2022 ini, untuk tahap seleksi ke tingkat nasional kompetisi diadakan dalam bentuk kontes/pertandingan di lapangan bermain tempat/kampus masing-masing namun digelar dengan dipandu secara daring oleh dewan juri secara nasional. Bagi para finalis yg lolos seleksi akan bertanding berhadap-hadapan di tingkat nasional layaknya bermain sepakbola. Untuk kategori KRSBI-H Univeristas Brawijaya diwakili oleh tim dari FILKOM UB yaitu Tim ATOM.

KRSBI ini di bawah kegiatan induk KRI (Kontes Robot Indonesia) yang pada tahun 2022 memasuki tahun ke-21 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2001 di bawah Dikti-Kemendikbud pada saat itu. Sesuai dengan arah kebijakan Puspresnas Kemendikbud dinilai bahwa kegiatan KRSBI ini masih sangat strategis untuk terus menjadi salah satu unggulan sarana edukasi dan ajang latih kreatifitas mahasiswa di bidang rekayasa robotika dengan berkiblat langsung pada komunitas yang sama di tingkat dunia, yaitu ROBOCUP.

Selamat untuk kelolosan Tim ATOM ke tingkat Nasional! Mari kita dukung dan doakan perjalanan Tim ATOM untuk mendapatkan hasil terbaik dan berprestasi di KRI Tingkat Nasional Tahun 2022![drn]