Masuk Tahun Kedua, KKN FILKOM UB Kolaborasi Dengan FEB UB

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) memasuki tahun kedua. Setelah sukses pada tahun lalu, kali ini KKN FILKOM UB akan berkolaborasi dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya (FEB UB) dalam penyelenggaraanya. Mengawali rangkaian acara KKN, tim panitia menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan KKN Mahasiswa FILKOM Tahun 2022 pada Jum’at (10/6/2022) secara luring di Gedung Auditorium Algoritma FILKOM. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh pimpinan Dekanat beserta tim panitia pelaksana KKN FILKOM 2022 yang diketuai oleh Ir. Widhy Hayuhardhika N P, S.Kom., M.Kom.

“KKN sudah menjadi kegiatan wajib di FILKOM UB karena sudah masuk di dalam kurikulum pembelajaran dan menjadi mata kuliah wajib,” terang Herman Tolle.

Herman Tolle juga selaku Wakil Dekan Bidang Akademik menambahkan bahwa kegiatan KKN ini menjadi kegiatan besar karena FILKOM akan mengirimkan mahasiswanya secara langsung untuk mengatasi masalah dan bersosialisasi langsung dengan masyarakat. Tahun ini mahasiswa Filkom juga akan ditempatkan di wilayah Kabupaten Malang yang memiliki wilayah luas seperti Kecamatan Poncokusumo, Sumbermanjing Wetan, Gedangan, Bantur dan Donomulyo.

Ada yang berbeda dengan tahun lalu dimana tahun ini mahasiswa dan dosen FILKOM akan berkolaborasi dan bekerjasama dengan mahasiswa dan dosen dari FEB. Karena nantinya KKN ini akan berfokus dalam pemberdayaan ekonomi atau pemasaran produk lokal. Selain itu, untuk mahasiswa FILKOM fokus yang akan dicapai adalah perkembangan teknologi dan IT di berbagai sektor pada daerah yang dituju mulai sektor ekonomi, pendidikan dan pariwisata.

“Pelaksanaan KKN tahun ini akan dimulai pada bulan Juli sampaidengan bulan Agustus dengan diikuti 398 mahasiswa Departemen Sistem Informasi (DSI), 365 mahasiswa Departemen Teknik Informatika (DTIF) dan 700 mahasiswa dari FEB,” papar Widhy.

Harapannya dengan diadakannya KKN yang berkolaborasi dengan FEB kali ini akan banyak mengetahui permasalahan dan potensi yang dimiliki dari ke lima kecamatan target KKN untuk membantu pembangunan dari sektor ekonomi, pendidikan dan pariwisata serta potensi-potensi lainnya dengan mengedepankan teknologi dan IT.[drn]