Mengetahui Minat Masyarakat dan Konsumen Melalui Emotional Design

 

Webinar Series on Interaction Design kembali hadir kembali pada pertemuan ketiga pada Jum’at (20/5/2022). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Teknologi Media, Game, dan Mobile Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kali ini menghadirkan alumni FILKOM UB lagi yang telah berkarir di perusahaan startup besar di Indonesia. Diselenggarakan secara daring, kegiatan ini dihadiri sekitar 70 partisipan yang merupakan mahasiswa FILKOM UB.

Dengan tema “UX Design : Emotional Design” webinar ini diisi oleh Dara Adhelia (Sistem Informasi FILKOM 2016) yang saat ini menjabat sebagai UI Designer di  Blibli dan Fathin Naufal Hawi (Sistem Informasi FILKOM 2013) yang menjabat Lead UI/UX Developer di Mister Aladin. Selain itu salah satu dosen FILKOM, Agi Putra Kharisma, ST, MT. menjadi moderator salam kesempatan ini.

“Emosi sendiri merupakan bentuk perasaan, baik dari alam bawah sadar atau dari logika manusia yang mendukung untuk mengerjakan suatu tindakan dan terbagi dari positif emotion dan negative emotion”, jelas Dara dalam mengawali penjelesannya.

Selain itu Dara menjelaskan hubungannya dengan Emotional Design yaitu sebuah desain dari suatu produk juga mempengaruhi emosi dari konsumen dimana desain yang cantik dapat menimbulkan emosi positif sehingga pengalaman pengguna pun bisa meningkat karenanya.

Kemudian Naufal juga menambahkan faktor emosi seseorang, seperti mood, perasaan, dan kepribadian berpengaruh pada setiap aspek interaksi menusia dalam hidupnya, hal ini juga berpengaruh dalam interaksinya dengan brand, produk, dan website sehingga masyarakat menilai sebuah produk lebih dari sekedar fungsi, yakni karena adanya ketertarikan emosi dengan suatu produk.

“Emosional di sini tentu dalam pengertian yang positif. Produk desain yang mengandung emosi memiliki kekuatan personal sang desainer karena energinya dikerahkan betul-betul untuk menghasilkan sebuah karya” imbuh Naufal.

Webinar yang berlangsung selama dua jam lebih ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dari para partisipan. Sebelum ditutup, Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT. juga menyampaikan terima kasih untuk Dara dan Naufal yang telah memberikan waktunya untuk sharing ilmu dan pengalaman kepada adik tingkatnya yaitu mahasiswa FILKOM UB, semoga kedepannya banyak lulusan dari FILKOM UB yang dapat berkarya seperti Dara Adhelia dan Fathin Naufal Hawi[drn]