Program Studi Sistem Informasi Selenggarakan Even Talk Praktik Kerja Lapangan (PKL) 2022

Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) melalui Keluarga Besar Mahasiswa Sistem Informasi (KBMSI) menyelanggarakan Even Talk Praktik Kerja Lapangan (PKL) 2022 pada Sabtu (14/5/2022) secara daring melalui Zoom. Pemateri pada kegiatan ini diisi oleh Fajar Agung Nugroho, S.Kom selaku Staf Akademik FILKOM.

Kegiatan dibuka oleh sambutan dari ketua panitia yaitu Ivan Hilmi Derian.

“Even talk PKL ini sebuah sarana mahasiswa prodi Sistem Informasi untuk mendapatkan informasi dan menjawab pertanyaan seputar Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan semoga teman-teman siap untuk mengikuti PKL pada tahun ini,” terang Ivan.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan oleh penjelasan mengenai PKL oleh Fajar Agung Nugroho, S.Kom. PKL sendiri masuk dalam satu matakuliah yang sifatnya wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa.Tujuannya menutut Fajar yaitu dalam rangka mengenalkan kepada mahasiswa terhadap permasalahan-permasalahan nyata yang ada di masyarakat. Dengan adanya masalah tersebut nantinya para mahasiswa akan belajar untuk menemukan solusi, inovasi dan bantuan yang dapat menyelesaikan masalah dan apa yang dibutuhkan masyarakat.

“Dalam buku panduan PKL terbagi menjadi 3 cluster dimana terbagi menjadi praktik lapangan, magang dan praktik kerja lapangan dengan jalur lomba, atau dalam artian beberapa kategori lomba dapat disetarakan dengan pelaksanaan PKL,” imbuh Fajar.

Fajar juga menyampaikan bahwa untuk melakasanakan PKL status mahasiswa harus dipastikan aktif. Nantinya pelaksanaan PKL akan dilaksanakan selama 2 bulan dan 1 bulan untuk pengerjaan laporan. Dalam melaksanakan PKL mahasiswa dapat melaksanakannya secara individu ataupun berkelompok, dengan syarat satu kelompok maksimal tiga orang dalam satu program studi.

Kegiatan eventalk ini berlangsung hampir dua jam dengan diakhir acara diadakan sesi tanya jawab bagi mahasiswa yang masih bingung dalam memahami pelaksanaan PKL.[drn]